Penelitian UGM: Kunyit Bisa Jadi Obat Kanker

Kunyit
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menemukan molekul baru dalam tanaman kunyit. Berdasarkan penelitian ilmiah, kunyit yang diketahui mengandung kurkumin telah terbukti mempunyai khasiat antiinflamasi (anti radang), antioksidan, antimikroba, antikanker dan antitumor.

"Ada seratus molekul baru yang kita temukan dan 8 di antaranya sudah kita patenkan," kata Profesor Supardjan, peneliti dari Fakultas Farmasi, disela-sela seminar Kunyit (curcuma longa) Tinjauan Filosofis dan Ilmiah, di Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Selasa 17 Januari 2011.

Supardjan mengatakan, dari hasil penelitiannya, kunyit terbukti mengandung senyawa kurkuminoid yang berwarna kuning. Senyawa ini mengandung molekul kurkumin, demetoksin kurkumin dan bidemetoksin kurkumin. "Turunan yang merah lebih ke antiinflamasi, sedangkan yang berwarna kuning lebih senang melindungi hati (hepatotoksik)," ujarnya.

Menurut Supardjan, kurkumin juga baik untuk penderita diabetes. Fungsinya untuk mencegah agar tidak terjadi pembekuan atau penggumpalan darah. Bahkan khasiatnya sudah dibuktikan sendiri oleh Supardjan. "Saya sudah 18 tahun menderita diabetes. Minum 1-2 gelas sehari," ujarnya.

Namun, hingga saat ini kurkumin masih dikembangkan sebagai obat herbal dan belum dikembangkan sebagai obat kimia, karena membutuhkan uji klinis dengan waktu lebih lama dan butuh biaya besar. Menurut Supardjan penelitian ilmiah obat-obatan dari tanaman asli Indonesia perlu lebih dikembangkan lebih jauh lagi. "Apalagi untuk jamu bukan hanya kunyit yang perlu diekplorasi," imbuhnya.

Sementara itu, peneliti farmakologi Fakultas Kedokteran UGM, Nyoman Kertia, mengatakan ekstrak rimpang kunyit juga efektif sebagai anti radang pada penderita penyakit sendi (osteoartritis).

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Riset yang dilakukan UGM berhasil melakukan penelitian terhadap 80 penderita osteoarthritis. "Ekstrak rimpang kunyit ini memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar MDA (malondialdehida-red) cairan sinovia sendi lutut," katanya. (umi)

Laporan: Erick Tanjung l Yogyakarta

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024