Partai Nasional Harus Terlibat Pilkada Aceh

Anggota Komisi III DPR, Nasir Djamil (kiri).
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Anggota Tim Pemantau Otsus, Nasir Djamil, menilai Pilkada Aceh 2012 ini tidak terpisahkan dari Pilkada 2007. Menurutnya, pelaksanaan pilkada ini tidak akan optimal jika tidak diikuti oleh partai-partai nasional.

"Harus di-back up penuh. Partisipasi semua pihak parpol lokal dan nasional harus terlibat," kata Nasir di DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 12 Januari 2012.

"Maka kalau ada partai nasional di Aceh tidak ikut Pilkada, kami khawatir Pilkada 16 Februari tidak akan berjalan optimal dan mungkin juga terganggu," tambah politisi asal PKS itu.

Menurut Nasir, saat ini kondisi keamanan di Aceh masih tidak dapat diprediksi. Meski kepolisian Aceh menyatakan tinggal menunggu waktu untuk menangkap para pelaku penembakan yang terjadi akhir-akhir ini. "Makanya kami meminta pemerintah pusat mengedepankan dialog," ujarnya.

Selain itu, DPR juga meminta Kapolda Aceh untuk melaporkan situasi keamanan ke Kapolri dan Presiden menjelang pelaksanaan Pilkada. Sehingga, para pelaku penembakan dapat segera ditangkapi.

Tahapan Pilkada Aceh memang tak mulus. Pilkada Aceh yang awalnya akan digelar pada 14 November 2011, berubah jadwal hingga tiga kali. Kini, KPU memutuskan Pilkada Aceh akan diselenggarakan pada  16 Februari 2012. Namun keputusan KPU itu ternyata digugat oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi ke Mahkamah Konstitusi.

Putusan KPU dinilai Mendagri tidak memberi cukup waktu bagi partai-partai di Aceh untuk mendaftar menjadi peserta Pilkada. Mendagri pun meminta KPU memperpanjang waktu pendaftaran dalam Pilkada Aceh. "Khusus Aceh, saya minta perlakuan khusus. Mudah-mudahan MK bisa membuka ruang untuk melakukan penjadwalan kembali atas proses Pemilukada di Aceh," kata Mendagri. (eh)

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024