Ketua KPU: Tahapan Pilkada Aceh Masih Normal

Abdul Hafiz Anshary
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews -- Ketua Komisi Pemilihan Umum, Abdul Hafiz Ansyari mengatakan, pihaknya menilai tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur Nangroe Aceh Darusalam berjalan normal. Menurutnya, tahapan berjalan sebagaimana terjadwal. Tidak ada rencana penundaan.

"Kalau dari versi kami sampai hari ini masih berjalan seperti biasa," kata Hafiz di Istana Negara, Selasa 10 Januari 2012.

Menurut dia, sampai hari ini tidak ada alasan untuk menunda tahapan tersebut. Hafiz menuturkan, berdasarkan UU dan peraturan pemerintah, ada empat hal yang bisa membuat tahapan pemilihan gubernur ditunda. Yakni, bencana alam, kerusuhan, gangguan keamanan, dan gangguan lain.

"Nah gangguan lain ini yang tafsirnya bisa macam-macam. Tapi di KPU selama ini bikin peraturan yang dimaksud gangguan lain itu soal anggaran," kata dia.

Soal keamanan? "Yang paling tahu pihak keamanan. Jadi kita lihat saja nanti selama masih berjalan normal, maka jalan terus," kata Hafiz.

Hafiz menegaskan, sampai hari ini KPU menilai tahapan pemilihan gubernur di Aceh masih berjalan normal. "KPU belum punya alasan yang kuat untuk melakukan perubahan. Tergantung perkembangan nanti seperti apa," katanya.

Jelang Pilkada, sejumlah kejadian kekerasan terjadi di Aceh. Dari rentetan penembakan, hingga yang terakhir, sekelompok orang menyerang rumah calon Bupati Aceh, Misbahul Munir, pukul 03.45 WIB pagi tadi.

Misbahul Munir adalah Wakil Ketua DPRK Aceh Utara dari Partai Aceh yang mencalonkan dirinya sebagai Bupati Aceh Utara dari jalur independen. Belum dipastikan, apa motif serangan tersebut.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto menduga, aksi penembakan terkait Pilkada Aceh.

"Kalau kemarin-kemarin kita melihat itu seolah-olah berdiri sendiri tidak ada kaitannya dengan Pilkada. Tetapi dengan adanya tindak kekerasan yang terus berlangsung, kemudian perobohan tiang listrik, ini kan mengingatkan kita kembali pada masa-masa konflik yang lalu," ujar Djoko sebelum RPTM membahas Rencana Pembagunan Jembatan Selat Sunda di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Senin, 9 Januari 2012. (eh)

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 
Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Banjir bandang yang merendam Dubai, Uni Emirat Arab pada 16 April 2024, berdampak pada penerbangan beberapa maskapai menuju Bali.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024