Festival Cap Go Meh

VIVAnews - Pada Senin, 26 Januari lalu, masyarakat China merayakan Tahun Baru Imlek. Kemeriahan perayaan Imlek ini akan ditutup dengan perayaan Cap Go Meh. Perayaan Cap Go Meh diadakan tepat di hari ke-15 dari tahun baru Imlek yang jatuh pada Senin, 9 Februari nanti. Cap Go Meh memang artinya adalah 'malam ke-15’

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Cap Go Meh merupakan perayaan bulan purnama pertama di tahun baru. Perayaan Cap Go Meh ini biasanya lebih meriah daripada Imleknya sendiri. Di negeri asalnya, saat perayaan Cap Go Meh, masyarakat China mengadakan pesta lampion beraneka rupa dan warna. Karena itu, perayaan ini juga sering disebut festival lampion. Pasti meriah sekali, ya, melihat lampion warna-warni.

Saat festival, masyarakat turun ke jalanan dan mengadakan karnaval untuk menikmati sinar bulan purnama. Kemudian para keluarga berkumpul untuk menikmati hidangan yang meriah. Masakan yang umum disajikan saat perayaan Cap Go Meh di China adalah mi.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Apakah teman-teman tahu mengapa mi yang dihidangkan? Bagi masyarakat China, mi merupakan simbol panjang umur. Dengan makan mi saat perayaan Cap Go Meh, artinya mereka berdoa supaya diberi umur panjang.

Nah, untuk di Indonesia sendiri, perayaan Cap Goh Meh biasanya ramai di daerah Singkawang, Kalimantan Timur. Karena, di Singkawang banyak sekali warga Indonesia keturunan China, perayaannya sangat meriah.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Perayaan Cap Go Meh ditandai dengan arak-arakan para tatung atau pendeta menuju vihara atau klenteng. Tatung ini berasal dari berbagai vihara yang tersebar di seluruh Singkawang. Di pagi hari Cap Go Meh, para tatung akan berkumpul untuk melakukan sembahyang di altar yang sudah disiapkan.

Untuk masakan khas, biasanya masyarakat China di Indonesia akan menyajikan kue bulan, yang bentuknya sangat cantik. Tapi masyarakat China di Jawa memiliki hidangan khas, yaitu lontong cap go meh.

Menu lontong cap go meh ini terdiri dari, lontong yang dinikmati bersama opor ayam, sambal goreng hati ampela, sayur lodeh, telur pindang, serundeng, ebi atau udang kering, dan sebagainya.

Wah, sepertinya sangat enak ya teman-teman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya