Polri: Tersangka Pencurian Pisang Tak Miskin

Pisang raja
Sumber :
  • Antara/ Musyawir

VIVAnews - Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menyatakan tersangka pencurian pisang di Kesugihan, Cilacap berasal dari keluarga berada. Hal itu dibuktikan dari sepeda motor yang digunakan pelaku dalam menjalankan aksinya.

"Pelaku ke sana menggunakan sepeda motor, kalau miskin kan jalan atau naik becak. Ekonominya bagus karena menggunakan sepeda motor. Ini yang perlu diluruskan," kata Saud saat menggelar jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 5 Januari 2011.

Saud mengatakan berdasarkan bukti-bukti yang diamankan, aksi pencurian itu juga sudah cukup canggih. "Pada saat ditangkap ditemukan barang bukti sebanyak 15 tandan pisang, bukan 15 sisir. Golok barangkali untuk menebang satu buah, sepeda motor dua buah, keranjang dua buah," jelasnya.

Kasus tersebut terjadi pada 11 November 2011. Saat itu  terjadi pencurian 15 tandan pisang milik Wardoyo Mualim dan Simun, warga Kesugihan. Dua tersangka, K bin S, 21 tahun, kedua T bin W, 25 tahun, segera ditangkap oleh petugas.

Saud menuturkan mereka bukanlah anak-anak melainkan sudah dewasa. Dan dia menegaskan jika salah satu tersangka tidak ada yang mengalami cacat mental, alias normal. "Cuma memang T bin W bibirnya sumbing, ngomongnya kan kurang jelas," katanya.

Pemilik kebun kemudian melaporkan ulah mereka ke Polsek Kesugihan dan kemudian diproses. Pada 23 Desember 2011 berkas mereka dinyatakan lengkap atau P21. "Tersangka ditahan di Lapas Cilacap. Prosesnya diajukan ke persidangan," terangnya. Polisi juga membantah, tersangka Kt berusia di bawah umur dan mengalami cacat mental.

Sebelumnya, keluarga tersangka Kt mengatakan, anaknya mengalami masalah mental. Ia hanya lulus SD kelas tiga, sering mengamuk, dan tingkah lakunya aneh.

Soal usia, kakak Kt, Tgh mengatakan, adiknya lahir pada 19 Januari 1993. Usianya 17 tahun.

Sementara, pengacara tersangka, Wiwin Taswin mengatakan, pihaknya akan mengusahakan pemeriksaan ahli jiwa pada tersangka Kt. "Nanti kami akan upayakan pemeriksaan ahli jiwa, untuk mengetahui apakah ada gangguan jiwa," kata dia.

Soal umur, pengacara melihat ada keganjilan. "Dalam surat penahanan dan penangkapan, tertulis tanggal lahir dua tersangka sama, 21 Desember 1990, ini yang janggal," kata dia.

Wiwin mengaku sudah mengunjungi rutan untuk berkomunikasi dengan pihak tersangka. Untuk mengetahui kronologi peristiwa.

Polisi membantah tersangka dari keluarga miskin, menurut Anda? "Dari yang saya lihat, rumahnya sederhana, tak begitu bagus."

Laporan: Robby | Cilacap, umi

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal
Marcell Siahaan.

Dari Kristen ke Buddha, Akhirnya Marcell Siahaan Temukan Ketenangan di Islam

Penyanyi, Marcell Siahaan memutuskan masuk Islam atau menjadi mualaf pada 2012 silam setelah menikah dengan model cantik, Rima Melati Adams.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024