Fosil Ular Terbesar di Dunia

VIVAnews – Pernahkah teman-teman melihat film berjudul Anaconda? Dalam film itu ada ular berjenis anaconda yang sangat besar. Ular raksasa ternyata tidak hanya ada dalam film Anaconda, lho, teman-teman. Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan fosil ular terbesar di dunia.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Panjang fosil ular itu mencapai hampir 14 meter dan beratnya 1,25 ton. Besar sekali, kan? Fosil yang ditemukan di Cerrejon, timur laut Kolombia, Amerika Selatan itu merupakan pertanda bahwa saat masih hidup, binatang melata itu merupakan ular terbesar di dunia.

"Ular ini lebih berat daripada seekor bison dan lebih panjang daripada sebuah kota," kata ahli ular Jack Conrad dari American Museum of Natural History di New York, Amerika Serikat (AS).

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Conrad menjelaskan, ular itu bisa menelan sapi dengan mudah, bahkan seorang manusia juga dapat segera ditelan. Wah, seram sekali.

Ular raksasa itu hidup sekitar 58-60 juta tahun lalu. Dan kemungkinan makanannya adalah buaya yang tinggal di hutan hujan tropis,tempat ular raksasa itu tinggal.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Para ilmuwan penemunya menamakan fosil ular tersebut Titanoboa cerrejonensis. Artinya ‘ular boa yang sangat kuat dari Cerrejon’. Ukuran tubuh titanoboa yang luar biasa memberi petunjuk tentang tempat tinggalnya yang bersuhu lingkungan hangat.

Titanoboa ini menurut para ilmuwan memiliki struktur tubuh seperti boa modern dan berperilaku sering menghabiskan waktunya di dalam air seperti anaconda. Kalau sedang di darat, titanoboa akan bergerak melata seperti ular pada umumnya.

Keberadaan titanoboa pertama kali diketahui pada 2007 di Florida Museum of Natural History, Universitas Florida di Gainesville, AS. Kemudian para ilmuwan melakukan penelitian. Saat ini para peneliti masih akan kembali ke Kolombia untuk mencari bagian fosil yang masih belum ditemukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya