Diselidiki, 5 "Gunung Piramida" di Luar Jawa

Gunung Inniere, NTT
Sumber :
  • Tim Katastropik Purba

VIVAnews -- Tim Katastropik Purba, yang dibentuk untuk meneliti berbagai bencana alam berkategori katastropik yang terjadi di masa lalu menemukan, empat gunung dan satu bukit yang anomali.

Yakni, Gunung Dua Saudara di Sulawesi Utara, Gunung Kiematubu di Tidore, Tyom Papua di Lembah Baliem, Gunung Inniere di Nusa Tenggara Timur, dan Bukit Penrissen di Kalimantan Barat.

"Dari riset awal tim katastropik purba, mengindikasikan kecenderungan tidak natural," kata anggota tim, Iwan Sumule dalam keterangan yang diterima VIVAnews.com.
 
Dia menambahkan, kempat gunung dan satu bukit tersebut pada 2012 akan menjadi tempat riset, terutama terkakit patahan atau sesar gempa. "Seperti diketahui berdasarkan hasil tim peta gempa 2010, ada ancaman potensi ancaman gempa di jalur patahan aktif besar seperti di Patahan Palukoro-Matano di Sulawesi, Patahan Sorong, dan Tarerua-Aiduna di Papua," kata Iwan.

Tim katastropik purba akan merekomendasikan patahan-patahan besar itu untuk diteliti dan diwaspadai. "Kami  berharap Mendikbud dan Menristek bersama LIPI, GREAT ITB, Geologi UGM, ITS, dan lain-lain untuk melakukan percepatan riset di kawasan Indonesia timur itu," tambah dia.

Terkait dugaan man made alias buatan manusia di empat gunung tersebut adalah sebuah bukti. "Ada hubungan erat antara peradaban dan kebencanaan," kata Iwan.

Sementara, di Bukit Penrissen di Kalbar juga direkomendasikan, apakah di sekitarnya ada kecenderungan patahan yang belum diketahui aktifitasnya. "Karena pada 2011 lalu terjadi gempa di Singkawang, ini di luar dugaan. Selama ini Kalimantan dianggap daerah yang aman gempa, ternyata gempa Singkawang sempat terjadi," kata dia.

Sebelumnya, tim merilis temuan "gunung piramida" di Pulau Jawa, khususnya Gunung Sadahurip atau Gunung Putri di Garut, Jawa Barat. Diyakini, bukit itu tak hanya sekedar onggokan tanah, namun menyimpan sebuah rahasia besar: sebuah piramida.

Menurut perkiraan, besar dan usianya melampaui Piramida Giza di Mesir. Tingginya diduga mencapai 200 meter, usianya sekira 10.000 tahun. Benar atau tidaknya klaim tersebut, masih menunggu pembuktian melalui proses eskavasi.

Gunung Dua Saudara di Sulawesi Utara

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Gunung Dua Saudara di Sulawesi Utara

Gunung Kiematubu di Tidore

Gunung Kiematubu, Tidore

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

Tyom Papua di Lembah Baliem


Tyom Papua, Lembah Baliem

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat

Gunung Inniere di Nusa Tenggara Timur

Gunung Inniere, NTT

Bukit Penrissen di Kalimantan Barat

Bukit Penrissen, Kalimantan Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya