WAGUB JATENG:

Karya Mobil Esemka Harus Didukung

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews- Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih memberikan apresiasi terhadap mobil Kiat Esemka hasil rakitan siswa SMK Negeri 2 Surakarta. Upaya anak SMK itu perlu mendapatkan dukungan, sehingga bukan hanya bisa merakit, namun juga memproduksi sendiri.

Menurutnya, salah satu bentuk dukungan yang bisa diberikan adalah melakukan pendampingan sehingga produk itu memiliki standar keamanan dan kenyamanan yang bisa bersaing dengan merk-merk yang ada saat ini.

Rustriningsih bercerita, sebagai Wakil Gubernur, ia dituntut memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Dalam sehari, kadang ia harus menempuh jarak ratusan kilometer di berbagai titik di Jawa Tengah. Untuk menunjang mobilitas tersebut, pihaknya memang harus menggunakan mobil dengan CC besar. Menurutnya, hal itu bukan untuk kemewahan, tapi dengan CC besar otomatis kecepatan juga lebih tinggi. Dengan demikian lebih banyak daerah yang bisa dikunjungi.

"Nah dengan dukungan dari pemerintah, kita harapkan mobil karya anak-anak itu mampu menjawab kebutuhan dinas. Jika sudah demikian, impian untuk menjadi mobil dinas secara nasional pasti akan mendapat respon positif," tambahnya.

Rustriningsih menambahkan pendampingan dan supervisi bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah saja. Namun juga industri otomotif melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), seharusnya juga mampu mengarahkan karya anak bangsa itu sebagai produk nasional, dengan kandungan lokal 100 persen.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Mobil rakitan siswa SMK Negeri 2 Surakarta tersebut, termasuk jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil ini bermesin bensin dan memiliki kapasitas 1.500cc dengan empat silinder plus sistem bahan bakar injeksi. Sedangkan mesin merupakan produksi industri otomotif Korea, KIA. Mesin ini mampu memproduksi 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm. Esemka Rajawali memiliki kapasitas tujuh penumpang dengan fitur-fitur standart seperti power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD, serta sensor parkir.

Apakah Rustriningsih tertarik menggunakan mobil ini? Menjawab pertanyaan ini, Rustriningsih hanya tersenyum. Menurutnya saat ini ia telah mempunyai mobil dinas yaitu Toyota Camry 2500 cc, pengadaan tahun 2009.

"Mobil itu masih sangat bagus. Tak perlu pengadaan mobil baru. Itu sudah sangat mendukung kegiatan saya sebagai wakil gubernur. Ini bukan persoalan saya ragu atau tak ragu, tapi memang belum membutuhkan mobil baru," kata Rustriningsih di rumah dinasnya, di Semarang, Selasa

Pernyataan Rustriningsih itu berbeda dengan pernyataan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo yang menilai langkah Walikota Solo menggunakan mobil hasil rakitan siswa Smk tersebut sebagai langkah sembrono.
"Jangan cari muka lah. Apalagi sampai memasang plat nomor dinas di mobil itu. Itu namanya sembrono,” terang Bibit di sela-sela acara Panen Pedet atau anak sapi bersama Menteri Pertanian, Suswono, di Wonogiri hari ini.

Bibit menyebutkan uji keselamatan terhadap mobil Esemka merupakan hal yang wajib. “Jika ambrol di jalan terus nabrak kebo piye?,” kata Bibit.
(Laporan : Puspita Dewi, Semarang)

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Ayah dari King Nassar, Ahmad Hasan Sungkar

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pedangdut Nassar Sungkar atau King Nassar. Ayahanda Nassar, Ahmad Hasan Sungkar meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024