Menteri Dukung Mobil Jokowi Diproduksi Massal

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Menteri Perindustrian MS Hidayat mendukung Kiat Esemka, mobil produksi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta, diproduksi secara massal. Namun Hidayat mengingatkan, agar bisa diproduksi massal, kendaraan harus melewati tahap pengujian dan standarisasi dari pemerintah. "Butuh persiapan pajang," kata M.S Hidayat kepada VIVAnews.com di Istana Negara, Selasa 3 Januari 2012.

Tak cuma itu, Hidayat mengatakan, perusahaan pembuat mobil juga harus menyediakan layanan purnajual, termasuk bengkel dan suku cadang.

Untuk tahap awal, Hidayat akan mengutus salah satu direktur jenderal agar mengunjungi SMK 2 dan SMK Warga untuk mempelajari spesifikasi mobil yang kini menjadi mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Solo ini.

Sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengapresiasi keberhasilan siswa SMK dalam merakit mobil Kiat Esemka. Kementerian ingin mobil itu diproduksi secara massal. "Kami akan mendorong produk-produk ini akan menjadi pabrikasi," kata Staf Mendikbud Bidang Komunikasi dan Media, Sukemi, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Selasa.

Menurut dia, dengan produksi massal itu produk mobil dan laptop Esemka bisa dijual ke masyarakat dengan harga yang lebih murah. Untuk saat ini saja, mobil Kiat Esemka dihargai dalam kisaran harga Rp95 juta. "Karena massal harganya akan lebih murah," kata dia. (eh)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024