Siswa Perakit Mobil Kiat Esemka: Kami Bangga

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • ANTARA/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Sejumlah siswa dari dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, yang terlibat dalam pembuatan mobil Kiat Esemka, mengaku bangga setelah karya mereka digunakan sebagai kendaraan dinas Walikota Solo, Joko Widodo, dan wakilnya.

"Saya sangat bangga sekali dan luar biasa karena kami bisa membuat mobil," kata Rimba Setiadi, siswa kelas XII Jurusan Otomotif  SMK Warga Surakarta yang turut membuat mobil Kiat Esemka kepada VIVAnews.com, Selasa, 3 Januari 2012.

Dalam proses produksi mobil Kiat Esemka, Rimbawan mengaku mendapat bagian merakit mesin dan memasang interior mobil. Selain itu, juga memasang kelengkapan roda seperti sasis. "Kami yang merakit mesin karena blok mesin sudah dicor di Klaten," jelas dia.

Rimbawan mengatakan bahwa mobil yang mereka hasilkan itu tidak kalah dengan mobil buatan Eropa dan Jepang, selain lebih nyaman, mobil tersebut tetap stabil saat dipacu dengan kecepatan tinggi. "Inilah produk dari teman-teman SMK. Kami cukup bangga dan senang," ucapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Madi, salah satu siswa SMKN 2 Surakarta yang juga ikut membuat mobil itu. Dia juga merasa bangga karena Indonesia berhasil membuat mobil sendiri. "Awalnya tidak percaya kalau kita bisa membuat mobil," ujar dia.

Bahkan, kebanggaan Madi lebih bertambah ketika mobil tersebut digunakan sebagai mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Solo. "Sangat puas sekali," katanya.

Dalam proses pembuatan tersebut, Madi bersama lima teman sekolahnya mendapat jatah menggarap body, bumper dan pintu mobil. "Kita mendapat bagian membentuk plat-plat untuk bagian body mobil," kata Madi. (ren)

Laporam: Fajar Sodiq l Solo

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia
Foto : Ketua DPRD Provinsi Jambi Bersama Wakil Beserta Gubernur Jambi

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

DPRD Jambi melaksanakan rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Gubernur Jambi tahun anggaran 2023

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024