Kemendikbud Biayai Produksi Mobil Kiat Esemka

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia telah berhasil merakit mobil buatan dalam negeri. Siswa SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta berhasil memproduksi mobil 'Kiat Esemka'.

Keberhasilan ini ternyata tak lepas dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang khusus diterapkan untuk siswa-siswa SMK di Indonesia.

"Itu program lama," kata Staf Khusus Mendikbud bidang Komunikasi dan Media, Sukemi kepada VIVAnews.com, Selasa 3 Januari 2011. "Itu program dari Dirjen Pendidikan Menengah, direkturnya Direktur Sekolah Menengah Kejuruan."

Menurut dia, pencanangan program itu telah dilakukan saat menteri pendidikan belum dijabat oleh M Nuh. Namun, program yang bertujuan memberikan keahlian untuk para siswa SMK itu terus berlanjut hingga saat ini. "Program itu terus kita kembangkan untuk siswa SMK," ujar Sukemi.

"Kita ingin mereka memiliki keahlian, sehingga saat terjun di dunia kerja mereka memiliki kemampuan yang memang diperlukan oleh pasar."

Menurut dia, Kemendiknas mengeluarkan anggarannya untuk membiayai program-program tersebut. Namun, Sukemi mengaku tidak tahu persis berapa dana yang dikeluarkan Kemendiknas untuk program ini setiap tahunnya. "Kalau soal biaya saya tidak tahu. Itu Direkturnya yang lebih tahu," katanya.

Keberhasilan siswa SMK ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Mobil 'Kiat Esemka' mereka telah dipakai oleh Walikota Solo, Joko Widodo alias Jokowi sebagai mobil dinasnya. Menggantikan Toyota Camry yang selama ini dia gunakan.

Jokowi menyatakan mobil yang menggunakan 80 persen komponen lokal ini tak kalah dari mobil buatan Jepang dan Eropa. Dia bertekat untuk mempromosikan mobil buatan siswa-siswa SMK ini. (eh)

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024