FOTO: Pameran Lukisan 'Kiamat 2012'

Pameran APOCALYPSE 2012 MIXTAPE oleh Ruang Rupa
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pembahasan kiamat 2012 tak hanya ramai dituangkan dalam tulisan dan diskuasi saja. Ternyata, para seniman juga menuangkannya dalam lukisan karya mereka.

Pada Minggu 1 Januari 2012, sejumlah karya dari 35 seniman yang tergabung dalam komunitas Gambar Selaw dipamerkan di Ruang Rupa Galeri, Jakarta. Dalam pameran yang bertema 'Apocalypse 2012 Mixtape' ini, seniman-seniman muda Indonesia membahas mengenai ramalan Suku Maya yang mengatakan akhir dunia akan ditandai dengan perselisihan dan perang nuklir pada 2012.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Seperti halnya melalui tulisan, pembahasan kiamat 2012 melalui lukisan ini juga terlihat adanya banyak pendapat. Dalam gambar-gambar yang terlukis itu, terlihat adanya sosok menyeramkan. Ada juga juga yang tampak terlihat lucu. Bahkan ada lukisan yang tidak mempercayai adanya kiamat pada 2012.

Asumsi hari kiamat Suku Maya sendiri berdasarkan ditemukannya penanggalan dan inskripsi bangsa Maya yang terdapat di sebuah prasasti tablet batu, di situs Tortuguero, Mexico.

Tapi, ahli mengenai kebudayaan Maya asal Jerman, Sven Gronemeyer, mengatakan ramalan mengenai 'kiamat' itu merupakan misinterpretasi atau salah pembacaan.

Menurut Gronemeyer, inskripsi yang ditemukan tidak terbaca secara lengkap, karena ada bagian yang mengalami kerusakan. Tapi, jika itu bisa dibaca, inskripsi juga tidak menyebut apa pun mengenai hari akhir atau kiamat.

Berdasarkan pembacaan yang dilakukannya, Gronemeyer berpendapat inskripsi di tablet batu Tortuguero menjelaskan mengenai transisi era baru di kalender bangsa Maya, dan bukan akhir dunia.

Berdasarkan inskripsi Tortuguero, terdapat penjelasan mengenai apa yang akan terjadi pada 2012. Salah satunya adalah munculnya Bolon Yokte, Dewa Maya yang bersifat misterius, yang selama ini dikaitkan dengan perang dan penciptaan. Walau inskripsi ini tidak ditemukan secara sempurna, inskripsi itu diduga menyebut kalimat: "Dia akan datang dari langit."

Tapi, menurut Gronemeyer, Bolon Yokte disebut sebagai figur yang melambangkan perubahan. Kesalahan pandangan terhadap kepercayaan bangsa Maya ini dituding Gronemeyer dilakukan oleh bangsa Barat.

Lihat lukisan kiamat 2012 itu di tautan ini. (art)

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pemain Persikabo 1973

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Persikabo 1973 menjadi tim pertama yang terdegradasi dari Liga 1 musim 2023/24. Hal tersebut dipastikan usai Laskar Padjadjaran dihajar Persik Kediri 2-5.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024