Kenapa Syiah Dianggap Sesat?

pembakaran pesantren di madura
Sumber :
  • ANTARA/Saiful Bahri

VIVAnews -  Ketua Dewan Syura Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) Jalaludin Rakhmat mengatakan, ada beberapa alasan Syiah dianggap sebagai ajaran sesat oleh kelompok lain.

Yaitu, diperbolehkannya nikah kontrak atau Mut'ah. Padahal, kata Jalaludin, IJABI justru mengharamkan pernikahan kontrak.

"Tapi tidak semua Sunni juga mengecam paham nikah kontrak," kata Jalaludin di Jakarta, Sabtu 31 Desember 2011.

Selain itu, Syiah juga menambahkan adzan ketiga. Padahal, adzan ketiga itu juga telah terjadi pertentangan di internal Syiah. Selain itu, Alquran mereka juga berbeda.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Pol Rahmad Mulyana, mengatakan bahwa aksi pembakaran pesantren Syiah di Sampang, Madura, dilakukan sekelompok massa yang mengaku Sunni. Meski demikian, kepolisian belum bisa menyimpulkan aksi brutal itu. "Semua masih kami kaji," kata dia kepada VIVAnews.com, Kamis siang.

Meski tidak menimbulkan korban, aksi ini menghanguskan tiga rumah, dan satu musala. Tokoh agama Ahmad Syafi'i Maarif mengutuk pelaku kekerasan atas nama agama. "Apa pun tindakannya, ini tidak benar," kata dia kepada VIVAnews.com, Kamis. (adi)

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat
Stefano Pioli dan para pemain AC Milan

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Masa depan Stefano Pioli bersama AC Milan masih belum ada kejelasan. Sempat beredar kabar jika dia takkan lagi menjadi pelatih di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024