NASIONAL

Indonesia Beli Lagi 6 Jet Tempur Sukhoi Rusia

"Rencananya, rudal-rudal yang dibeli tahun 2012 akan digunakan untuk 10 Sukhoi."
Jum'at, 30 Desember 2011
Oleh : Elin Yunita Kristanti, Nur Eka Sukmawati
Pesawat Sukhoi Rusia

VIVAnews -- Pemerintah Indonesia membeli enam unit Sukhoi Su-30 MK2 dari Rusia untuk melengkapi jet tempur TNI Angkatan Udara.

Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan, pembelian enam unit Sukhoi Su-30 MK2 dari Rusia ini sudah diresmikan melalui penyerahan kontrak antara Kementerian Pertahanan dan produsen pesawat Rusia, JSC Rosoboronexport.

"Penyerahan kontrak sudah dilakukan kemarin, dan saat ini masih ada kontrak yang sedang berjalan," ujarnya di Gedung Kemenhan, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2011.

Sjafrie mengatakan saat ini TNI AU telah memiliki 10 unit jet tempur Sukhoi sejenis, terdiri dari enam Sukhoi Su-27 SKM dan empat Sukhoi Su-30 MK2.

"Rencananya TNI AU akan menempatkan satu skuadron Sukhoi di Pangkalan Udara Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan," jelasnya.

Menurut Sjafrie, selain pembelian jet tempur dari luar negeri, pemerintah juga tengah mengoptimalkan peningkatan industri penerbangan dalam negeri.

"Tahun 2012-2013 mendatang kami akan lakukan pemenuhan kebutuhan alutsista penerbangan secara cepat," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Ediwan Prabowo mengatakan pembelian enam unit pesawat tempur Sukhoi baru tersebut tidak termasuk senjata.

"Pembelian senilai 470 juta dollar AS itu untuk enam Sukhoi beserta suku cadangnya," jelasnya.

Menurut Ediwan, pembelian senjata belum dilakukan karena keterbatasan anggaran.

"Untuk pembelian senjata Sukhoi, baik air to air maupun air to ground telah dianggarkan pada 2012. Rencananya, rudal-rudal yang dibeli tahun 2012 akan digunakan untuk 10 Sukhoi," jelasnya. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found