NU Kecam Pembakaran Pesantren Syiah Madura

Kebakaran Gang Buntu
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Solo mengecam pembakaran pesantren milik warga Syiah di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, pada Kamis 29 Desember 2011. Tindakan tersebut dianggap sangat bertolak belakang dengan semangat toleransi.

"Kita mengecam semua tindakan anarki, baik yang dilakukan perseorangan maupun ormas. Pembakaran pesantren tersebut sangat anarkis," kata Ketua PCNU Solo, Akhmad Helmy Sakdillah kepada VIVAnews.com di Solo.

Menurut dia, kasus tersebut telah mencoreng semangat toleransi yang telah lama dikembangkan di Indonesia. "Kalau permasalahannya mengenai ajaran tidak sesuai, kenapa kok baru sekarang muncul? Kan semuanya bisa diselesaikan dengan musyawarah," ujarnya.

"Kalau tidak sependapat mengapa tidak dari awal, kok baru sekarang masalah muncul. Kalau ada masalah kan bisa lapor ke Majelis Ulama Indonesia. Ada juga Kesbangpolinmas yang memang mengurusi ormas, jadi bukan dengan pembakaran," kata Helmy.

Pagi tadi, massa yang mengaku berasal dari kelompok Sunni membakar Pesantren Misbahul Huda milik kelompok Syiah. Selain satu musala, tiga rumah warga juga ikut dibakar.

laporan: Fajar Sodiq l Solo

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024