NASIONAL

Warga Syiah Madura: Kami Bukan Aliran Sesat

Pada 2009, Syiah di dusun itu dinyatakan bukan aliran sesat oleh MUI Sampang.

ddd
Kamis, 29 Desember 2011, 13:51
Pondok Pesantren Kebakaran
Pondok Pesantren Kebakaran (Surabaya Post)

VIVAnews - Sejumlah warga membakar pesantren Misbahul Huda milik warga Syiah di dusun Nangkernang, Sampang, Madura sekitar pukul 09.15 WIB pagi tadi. Tidak hanya pesantren, tiga rumah milik warga Syiah juga dibakar.

Iklil Al Milal, warga Syiah di Nangkernang menyayangkan sikap aparat keamanan yang tidak bisa mengantisipasi aksi brutal massa.

"Kami sudah memberitahukan bahwa ada rencana pembakaran. Tapi setelah rata dengan tanah, petugas baru datang. Polisi sudah tahu akan ada pembakaran, karena saya sudah lapor," tuturnya kepada VIVAnews.com, Kamis 29 Desember 2011.

Bahkan saat ini, sekelompok warga yang mengatasnamakan kelompok Sunni itu masih beringas untuk membakar rumah warga Syiah di dusun itu. Termasuk rumah milik Milal.

Untuk menghindari amuk massa, beberapa warga Syiah, kata Milal sudah mengungsi ke tempat lain. "Saya dan keluarga sudah tidak di rumah," katanya.

Milal menuturkan, keberadaan warga Syiah di dusun Nangkernang sudah sejak tahun 1980-an. Namun, beribadah secara terang-terangan baru berlangsung pada 2004 lalu.

"Sejak saat itu tidak ada masalah dengan warga. Tapi sejak banyak tokoh-tokoh agama muncul dan memprovokasi, tahun 2006 mulai ada penyerangan terhadap kami," ungkapnya.

Kemudian, pada 2009, Syiah di dusun itu bukan aliran sesat oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sampang. "Karena 2009 sudah ada pertemuan di Sampang. Hadir MUI Sampang, Kapolsek dan Danramil juga ada. Dan waktu itu Syiah dinyatakan memang bukan aliran sesat, karena tidak ada penyimpangan," tuturnya.

Perlindungan terhadap warga Syiah pun sudah dijamin oleh MUI dan pihak keamanan. Namun, warga setempat justru semakin keras menentang keberadaan Syiah di dusunnya. Bahkan, kata Milal, aksi mereka semakin brutal.

Walau begitu, Milal menekankan kepada ratusan warga Syiah di dusun Nangkernang, Sampang tidak membalas aksi brutal mereka.

"Kita hidup di negara ini harus patuh terhadap hukum negara ini," katanya. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
ikhal2012
14/02/2012
Makanya klw hidup yg sesuai dgn ajaran ALLOH dan RASUL serta ALQURAN, jangan yang laen...... akibatnya susah sendiri ..itu baru di Dunia gimana di Akherat nanti...? Sadarlah..... wahai saudaraku,kembalilah kejalan yang benar.
Balas   • Laporkan
joeco
17/01/2012
Wahai para komentator, ngga ada ISLAM selain AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH.. agama syiah,ahmadiyah, paham wahabiyah(baca:khawarij) adalah SESAT.. bukan ISLAM. mrereka hanya ngaku2 ISLAM.. tapi jauh dari ISLAM itu sendiri.
Balas   • Laporkan
settong.sijwy | 04/06/2012 | Laporkan
betuuuuuuuuuul!Allohu Akbar!
dedeh
31/12/2011
musuh islam banyak banget,maklum setan selalu membisikan hati manusia untuk berbuat dosa dan kerusakan di muka bumi ini,tapi takkan bisa untuk merusak agama islam,karena islam agama ALLAH SWT
Balas   • Laporkan
joeco | 17/01/2012 | Laporkan
memang sudah ditakdirkan begitu bro.. yang benar itu musuhnya banyak.. tapi tetap pada kebenaran adalah kemenangan tertinggi seorang mukmin.. walaupun dalam kesendirian.
dedeh
31/12/2011
SYIAH = AHMADIYAH,mereka (syiah dan ahmadiyah) mengaku islam hanya ingin menghancurkan islam,namun ALLAH SWT selalu menjaga agamaNYA (ISLAM),maka terbukalah kedok kebusukan syiah dan ahmadiyah
Balas   • Laporkan
joeco | 17/01/2012 | Laporkan
betul bro..
brad pitt
30/12/2011
eh tong, kok lo jd bawa2 kristen sgala, apa salah mreka? pake bilang kristen pecah belah sgala, mana ada yg pecah belah di kristen/katolik, mreka tetep satu. malah islam yg slalu bikin masalah mrsa sok suci, ngobom2 bunuh org ga berdosa. ngaca dong...
Balas   • Laporkan
mahadewa | 12/02/2012 | Laporkan
Si joeco ini ngelatur..kasusnya ISLAM SUNNI dan ISLAM SYIAH..kok ngaco ke kristen,tdk pernah ada tuh saling bakar2an seperti kalian muslim...
joeco | 17/01/2012 | Laporkan
hehehe.. kata siapa kristen ngga terpecah belah?? bukannya gereja sesama kristen rebutan jemaat?? tau ngga aliran2/sekte kristen.. buannyaakk. itu artinya terpecah belah.. ngga tau ya?? kasian..
babonn
29/12/2011
Hati-hati juga thd pengalihan isu. Ingat, sekarang lg hangat di bahas kasus Nazarudin, Nunun, dan Century. Biasanya selalu dimunculkan konflik horizontal untuk mengalihkan isu. Termasuk yg di Bima dan Mesuji.
Balas   • Laporkan
santoussa
29/12/2011
Kalau kristen pecah belah jadi kristen protestan dan katolik sih wajar, mereka tidak tahu mengapa agama mereka bisa pecah belah. Tapi islam itu satu, ketika ada yang dianggap menyimpang segera dimusyawarahkan seperti ahmadiyah. Jangan langsung keras..
Balas   • Laporkan
joeco | 17/01/2012 | Laporkan
situkang maksudnya apa sih???
situkang | 30/12/2011 | Laporkan
saya ISLAM tapi paling benci sama ISLAM.
brad pitt | 30/12/2011 | Laporkan
eh tong, kok lo jd bawa2 kristen sgala, apa salah mreka? pake bilang kristen pecah belah sgala, mana ada yg pecah belah di kristen/katolik, mreka tetep satu. malah islam yg slalu bikin masalah mrsa sok suci, ngobom2 bunuh org ga berdosa. sesama islam aja
mahadewa
29/12/2011
@Bang Joe..sesama islam aja ribut, antara islam sunni yng konon paling benar, dan islam syiah, dengan islam ahmadiah juga begitu..bubarin aja deh islam kalo paling demen ribut aja kerjaannya..jgn bilang2 lagi islam agama rahmatan illahi yah..bullshit
Balas   • Laporkan
joeco | 17/01/2012 | Laporkan
ngga ada islam syiah dan ahmadiyah.. mereka itu bukan muslim.. muslim cuma satu AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH.. ngga ada lagi selain itu..
mahadewa | 03/01/2012 | Laporkan
@Ronghod,elo apa enggak kasihan sama Nabi Muhammad,ini perjuanganNYA loh,yng mengotak2an terjadi setelah beliau Wafat akibat dari tidak ada penerusnya..jadilah kondisi seperti skr ini..
ronghod | 30/12/2011 | Laporkan
klo ga tau Islam lebih baik jgn komen bro..ahmadiah ntu bukan Islam, mereka mengaku Islam tpi cara ibadahnya tidak seperti yg diajarkan oleh Rasul alias sesat.ahhh prcuma di jelasin jg, lu nya ge ga tau sejarah islam
bang_joe
29/12/2011
Waspadai propaganda antek antek Yahudi...
Balas   • Laporkan
mahadewa | 12/02/2012 | Laporkan
@joeco..bagus kalo ente sudh mengerti benar,tp kenyataannya dalam kehidupan sehari2 jauh sekali dari teladan RASUL...tolong lihat pake mata...
joeco | 17/01/2012 | Laporkan
mahadewa kalo belum ngerti ngga usahlah komen ttg islam.. ngga ada itu islam syiah, ahmadiyah, wahabiyah.. islam cuma satu yaitu apa yang diajarkan oleh Rasul Muhammad dan diteladani oleh sahabatnya.. islam cuma satu AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH..
mahadewa | 03/01/2012 | Laporkan
Islam di Indonesia antara lain; Sunni, Syiah, Ahmadiah dan Wahabi...


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id