DPR: Konflik Tanah, Akar Masalah Mesuji

tragedi mesuji di lampung
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Komisi III DPR menyatakan masalah Mesuji hendaknya dituntaskan dari akar persoalannya, yakni urusan kepemilikan tanah (agraria).

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

"Komisi III akan menyelesaikan persoalan Mesuji dari hulu. Kekerasan di Mesuji hanyalah akibat dari ketidakberesan di hulu," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR,  Aziz Syamsuddin dalam acara pertemuan dengan jajaran Polda Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Mesuji di Aula Markas Polisi Daerah (Mapolda) Lampung, Sabtu 17 Desember 2011, pukul 23.30.

Komisi III akan mencari pihak - pihak yang menyebabkan persoalan Mesuji kian berlarut-larut hingga puluhan tahun. Selain itu, aparat berwenang akan pula merunut hambatan apa saja yang menyebabkan persoalan tidak dapat diselesaikan, lanjutnya.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Setelah selesai melakukan pencarian fakta, Komisi III akan memberikan sejumlah rekomendasi, baik berupa solusi maupun petunjuk mengenai pihak-pihak yang harus dimintai pertanggungjawaban.

Kini, Komisi III sedang melakukan pencarian fakta atas persoalan Mesuji dengan menemui semua pihak yang ditengarai memiliki informasi atas peristiwa itu. 

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Hari ini, 18 Desember 2011, pagi hari, rombongan Komisi III akan berangkat menuju Mesuji dari Bandar Lampung. 

Lampung memiliki potensi konflik yang cukup tinggi antara masyarakat dengan perusahaan.  Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lampung Brigjen. Pol. Jodie RoosetoJodie sebelumnya mengatakan ada sekitar 11 perusahaan besar di Lampung yang mengalami konflik tanah dengan masyarakat, di antaranya PT Silva Inhutani, PT BSMI, PT AWS, dan PT Indo Lampung.

Laporan: Hanafi | Lampung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya