Lampung Peringkat Satu Konflik Agraria

tragedi mesuji di lampung
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Provinsi Lampung menempati peringkat pertama dari seluruh provinsi se-Indonesia untuk wilayah yang mengalami konflik agraria atau sengketa tanah.

Hal itu diungkapkan Kapolda Lampung Brigjen Pol Jodie Rooseto dalam rapat dengan jajaran Komisi III DPR RI di Aula Mapolda Lampung, Sabtu, 17 Desember 2011. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Sekda Pemprov Lampung, Berlian Tahang, Tim Mabes Polri serta jajaran Polda Lampung. Rapat itu dimulai pukul 19.30 WIB dan sampai saat ini masih berlangsung.

"Untuk sengketa tanah, Lampung nomor satu versi BPN (Badan Pertanahan Nasional)," ujar Jodie Rooseto.

Lampung juga memiliki potensi konflik yang cukup tinggi antara masyarakat dan perusahaan. Jodie menambahkan, ada sekitar 11 perusahaan besar di Lampung yang mengalami konflik agraria dengan masyarakat, di antaranya PT Silva Inhutani, PT BSMI, PT AWS, dan PT Indo Lampung.

Dalam kesempatan itu, Jodie juga menegaskan pihaknya telah memeriksa seluruh Lampung mengenai adegan di video pembantaian Mesuji. Tetapi di Lampung tidak ditemukan adanya fakta pembantaian seperti video yang diputar di Komisi III DPR.

"Yang benar hanya terjadi dua kali bentrok antara aparat dan masyarakat. Dan itu hanya satu yang meninggal," ucap Jodie. (Laporan: Hanafi l Lampung, art)

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024