Trem Rasuna Epicentrum Mulai Beroperasi

Rasuna Epicentrum
Sumber :
  • bakrieland.com

VIVAnews - Managing Director sekaligus Chief Executive Officer PT Bakrie Swasakti Utama, unit usaha City Property PT Bakrieland Development Tbk, Agus J Alwie, mengatakan, untuk menambah kemeriahan Jakarta EpiCarnival, sekaligus mengukuhkan posisi Epiwalk sebagai pusat kreatif, hari ini diluncurkan kereta dalam kota, Tram.

"Tram adalah alat transportasi yang sangat sesuai dengan konsep eco green karena menggunakan bahan bakar biodiesel yang ramah lingkungan," kata Agus dalam konferensi pers di EpiWalk, Rasuna Epicentrum, Jakarta, Jumat 16 Desember 2011.

Agus meyakini, dengan hadirnya trem ini akan menambah lagi keunikan dan atraksi menarik di kawasan Rasuna Epicentrum. "Karena sejauh ini, trem baru tersedia di sini," kata dia.

Sebagai informasi, trem buatan PT INKA yang mesinnya dibuat di Jerman ini merupakan alat transportasi darat yang dapat dikemudikan dua arah sesuai dengan arah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

Trem menggunakan tenaga penggerak yang diambil dari dua sumber yaitu gasoline engine dan battery unit. Masing-masing sumber dapat bekerja sendiri atau secara bersamaan tergantung moda operasi yang dioperasikan.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Gasoline engine juga merupakan sumber tenaga listrik yang utama selain battery, karena terdapat generator pembangkit untuk menghasilkan daya listrik.

Sementara itu, trem juga menggunakan mesin Euro 2, yaitu tidak menghasilkan polusi udara sehingga sesuai dengan konsep Rasuna Epicentrum yang eco-green, karena menggunakan bahan bio-diesel yang ramah lingkungan.

Untuk sistem trem ini terdapat motor traksi sebagai penggerak kendaraan berjalan secara terus-menerus dengan design kecepatan maksimum 10 kilometer per jam. Traksi inverter sebagai pengendali gerak dari motor traksi dan mampu mengatasi daya maksimum pada saat starting maupun pengereman.

Baterai sebagai sumber listrik utama untuk penggerak sistem selain engine. Baterai yang terpasang adalah jenis Lithium Polimer 3,7 VDC per cell dengan jumlah 168 cell. Pengisi baterai berbentuk modular dan terpasang di trem. Setiap cell bateray dilengkapi satu unit charger, sehingga memudahkan saat pengisian atau charger saat di depo.

Baterai control monitor sebagai fungsi kontrol kapasitas daya listrik yang disuplai oleh baterai masih mencukupi atau sudah waktunya harus diisi ulang. (art)

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024