Letusan Gamalama Tidak Timbulkan Korban Jiwa

Letusan Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan tidak ada korban jiwa dalam meletusnya Gunung Gamalama, Minggu, 4 Desember 2011. Gunung yang meletus pada pukul 23.00 WIT itu juga tidak menimbulkan kerugian materil.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, warga yang berada di Gunung Gamalama saat ini sedang mengungsi ke tempat yang lebih aman. "Namun ada juga yang memilih tinggal di rumah masing-masing," kata Sutopo dalam keterangan persnya, Senin, 5 Desember 2011.

Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Utara terus melakukan koordinasi dengan instasi terkait untuk melakukan penanganan darurat. "Saat ini sedang dilakukan pendataan dan pemantauan," ujarnya.

Gunung Gamalama sendiri statusnya sudah dinaikkan. Awalnya Waspada, sekarang sudah menjadi Siaga terhitung pada Minggu, 4 Desember 2011 pukul 23.00 WIT.

Akibat terjadinya letusan Gunung Gamalama, sebagian kota Ternate tertutup abu vulkanik karena terjadi hujan debu. Dan, listrik di wilayah kaki Gunung Gamalama sementara padam.

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri

KPK Cegah Tiga Orang di Kasus Dugaan Korupsi di PT PLN, Siapa Dia?

Komisi Pemberantasan Korupsi, mencegah 3 orang terkait dengan penyidikan baru dugaan kasus korupsi yang terjadi di PT PLN (Persero). Dugaan pada pengadaan barang dan jasa

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024