Disebut Instansi Terkorup, Menag Datangi KPK

Menteri Agama: Suryadharma Ali
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Menteri Agama Suryadharma Ali menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan Suryadharma untuk meminta penjelasan KPK terkait survei integritas yang dirilis KPK beberapa hari lalu. Survei menyebut Kementerian Agama paling rawan korupsi.

"Iya, saya belum paham makanya saya minta penjelasan," kata Suryadharma Ali yang tiba sekitar pukul 14.50 WIB di kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat 2 Desember 2011.

Survei integritas tahun 2011 yang dilakukan KPK itu terhadap 89 instansi negara di Indonesia. Hasil survei ini menunjukkan rata-rata nilai dari indeks integritas nasional adalah 6,31.

Rata-rata nilai integritas di instansi pusat adalah 7,07, instansi vertikal 6,40 sedangkan nilai integritas instansi di daerah adalah 6,00. Di mana dugaan praktik korupsi itu terjadi?

Terkait hal itu, Direktur Litbang KPK, Donny Muhardiansyah menyebut temuannya. Dia mengatakan, sejumlah pelayanan di Kemenag seperti perpanjangan ONH Plus, izin-izin haji, penyelenggaraan umroh khusus, dan bimbingan ibadah haji seharusnya diberikan secara gratis.

Akan tetapi faktanya masih dipungut biaya. KPK juta mencatat soal administrasi pernikahan di KUA yang masih ditemukan pungli.

"Tapi survei yang kita lakukan responden mengatakan itu bayar, makanya jatuh skornya pasti," kata Donny di Jakarta, Kamis 1 Desember 2011. "Berarti dalam pelayanan ini masih terjadi praktik korupsi. Itu di pusat," kata Donny, kemarin.

Menanggapi hal itu, Menteri yang Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu mengatakan poin-poin itulah yang akan dikonfirmasi KPK. "Ya nanti kita lihat lah," kata Suryadharma. (sj)

KSPSI Bakal Bangun Pusdiklat Terbesar di RI, Andi Gani Pede Selesai 1,5 Tahun
Marjose

Kiprah Pemain Muda Berprestasi di Voli Fikri "Marjose" Sampai Tahun 2024

Cabang olahraga bola voli merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang makin populer di Indonesia belakangan ini. Apalagi sejak kemunculan Marjose.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024