NASIONAL

Gambar "Telanjang" Piramida di Garut

"Piramida Garut" diperkirakan lebih besar dan lebih tua dari Piramida Giza di Mesir.

ddd
Kamis, 1 Desember 2011, 12:40
Gunung Sadahurip Garut (Credit: Turangga Seta)
Gunung Sadahurip Garut (Credit: Turangga Seta) (Turangga Seta)

VIVAnews - Gunung di Garut, Jawa Barat itu bernama Sadahurip. Namun, ada juga orang yang menyebutnya dengan Gunung Putri, Gunung Leutik, atau Gunung Cinta. Masyarakat lokal bahkan punya sebutan sendiri: gunung keramat.

Bentuknya memang tak biasa. Alih-alih kerucut, bentuk puncaknya mirip bangunan piramida seperti yang ada di Mesir. Gunung Sadahurip atau Gunung Putri kini menjadi buah bibir, gara-gara Tim Bencana Katastropik Purba yang dibentuk Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana menemukan anomali. Diduga ada bangunan piramida buatan manusia di dalamnya. Sebutan "gunung piramida" pun sontak populer.

Yang luar biasa, "piramida Garut" diperkirakan lebih besar dan jauh lebih tua dibanding Piramida Giza di Mesir. Sekitar 10.000 tahun sebelum Masehi. Dibutuhkan proses eskavasi untuk membuktikan kebenarannya.

Anggota tim, Iwan Sumule mengatakan, semua proses ilmiah dan berbagai metode yang dimungkinkan dan disyaratkan telah dilakukan di sana. Termasuk georadar dan geolistrik, juga pengujian dengan carbon dating. Hasilnya, "ini bukan alami, melainkan man made," kata dia kepada VIVAnews.com, Kamis 1 Desember 2011.

Tim, dia menambahkan, juga menggunakan metode Interferometric Syntetic Aperture Radar (IFSAR). "Dihasilkan gambar yang benar-benar telanjang. Bisa dilihat, (dari gambar) yang berwarna kuning adalah batu. Sementara warna biru adalah air," jelas Iwan.

Jika disinar, batu akan memantulkan cahaya. Itulah yang ditangkap IFSAR. Apakah sudah pernah dilakukan penggalian tanah hingga lapisan batuannya? "Sudah, cuma beberapa meter saja. Batu itu yang kami gunakan untuk tes carbon dating," kata Iwan.

Yang menarik, dari hasil IFSAR bisa dilihat, tak hanya sekedar bentuk piramid. Di sekelilingnya juga nampak batuan, lebih pendek. "Bisa jadi itu piramida yang lebih kecil, atau spinx seperti yang ada di Mesir."

Namun, apa persisnya bentuk bangunan dan peradaban mana yang membangunnya, tim belum bisa memastikan. "Kami belum melakukan eskavasi, kalau sudah, bisa bercerita banyak hal. Soal asal muasal, mengapa ada di situ, dan siapa yang membangunnya. Ada historisnya," kata Iwan.

Citra satelit Gunung Putri sisi Selatan

Piramida Gunung Putri Selatan

Gunung Putri sisi Selatan-Timur

Piramida Gunung Putri Selatan-Timur

Gunung Putri sisi Selatan-Barat

Piramida Gunung Putri Selatan-Barat

Gunung Putri sisi Timur

Piramida Gunung Putri Timur

Piramida dari Sadahurip

Piramida Gunung Putri dari Sadahurip

Foto IFSAR piramida

Foto IFSAR Piramida Gunung Putri

Foto kontur piramid

Kontur piramida di Gunung Putri

                                            Kapan eskavasi dilakukan?

Iwan menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan komunikasi intensif dengan instansi terkait, para muspida, serta kepala desa dan masyarakat Garut. "Bahwa ada temuan fenomenal di lokasi yang dikeramatkan oleh penduduk lokal. Kami sedang mencoba membongkar pikiran itu, bisa dirasionalkan," kata dia.

Salah satunya, Iwan menjelaskan, beberapa waktu lalu di sebuah media televisi, Kepala Desa Sukahurip -- tempat gunung berada -- menceritakan, ada banyak kilatan petir dan sinar di sekitar gunung. "Menurut kami, itu masuk akal, karena mengambil sampel di Mesir, piramida tak hanya sekedar kuburan Firaun, tapi ada teknologi di dalamnya," kata dia. Teknologi yang maju -- bahkan untuk ukuran masa kini misalnya, teknologi hidro, pembangkit listrik, dan ada medan magnet. Ada juga literatur yang menyebut piramid dibangun untuk mengantisipasi bah.

Iwan menambahkan, tak hanya masyarakat yang skeptis terhadap temuan tim. Juga beberapa instansi terkait. "Mereka kurang peduli. Antara percaya tidak percaya. Padahal semua metode penelitian sudah kami lakukan, ini temuan yang sangat fenomenal," kata dia. "Harusnya kita sadar dan sangat bangga, ada peradaban besar dan  tua yang berada di bumi nusantara." (umi)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
silviyanti
05/03/2012
segala sesuatu bisa terjadi ..segala kemungkinan jadi mungkin ... cuma orang saja yang berkata GAK MUNGKIN ....
Balas   • Laporkan
rswordman
13/02/2012
mudah"an ntu beneran jadi indonesia punya firaun jg ngk kalah sama mesir,ayo gali terus gunungnya......
Balas   • Laporkan
iinayati
31/01/2012
pak iwan saya mendukung mu! sya punya acuan sejarahnya. ini bisa jadi penemuan fenomenal di akhir jaman yang akan mengguncang dunia arkeolog! hati2 dgan kep asing dan LSM pak! mereka dikhawatirkan menyembunyikan fakta2 strategis!
Balas   • Laporkan
lekdutmen | 31/01/2012 | Laporkan
Dukung 1 Milyar persen pak, Nusantara Jaya !
system00
30/01/2012
jadi inget kasus crop circle
Balas   • Laporkan
silviyanti
11/01/2012
lihat saja dulu ...gak usah di komentari bantu saja dgn doa , agar para ahli bekerja maksimal ....
Balas   • Laporkan
agus.rudiyanto
28/12/2011
Kenyataannya banyak piramid ditemukan tersebar di seluruh dunia, tidak hanya di mesir dan Amerika Latin, dan anehnya ada keterkaitan diantaranya. Silakan cari uraian ilmiah dari Youtube dg kata kunci "Lost Pyramids and Other Hidden Ancient Artifact"
Balas   • Laporkan
tkusmawan
21/12/2011
Itu mungkin jg lipatan bebatuan alami dari patahan bumi. selusuri jg dari sisi lainnya. ada tdk kebudayaan pengrajin batu di daerah sekitar? biasanya skill tsb turun temurun. buat piramid setinggi & sebesar itu butuh tambang brapa luas, ada ekstambangnya?
Balas   • Laporkan
hin.solihin1
20/12/2011
hahahahaha..........jgn2 cm ulah oknum yang mo ngalihin perhatian keadaan negeri kita doang bro,.... biar rame trus lupa deh ma kejadian yang lain.........
Balas   • Laporkan
pcbreonk | 14/01/2012 | Laporkan
gak semua...Crop circle ktnya pengalihan isu, nyatanya pembuatnya emang ga ketemu...
mey.juliet
20/12/2011
coba ada alatnya doraemon bisa pergi ke tahun 10.000 SM kan bisa jelas nuh itu piramida betulan apa cuma gunung :p
Balas   • Laporkan
tola-tole
20/12/2011
kalo ane sih percaya itu gunung berbentuk piramida, kalo emang piramida, katanya jauhhh lebih tua dr yg dimesir, berarti bangsa kita jauhhh lebih pandai dari bangsa mesir donk ???
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru