Menko Kesra: Tak Ada Kelaparan di Papua

Suku Asmat di Provinsi Papua
Sumber :
  • REUTERS/Muhammad Yamin

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, menyatakan tidak benar terjadi bencana kelaparan di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua. Menurut dia, yang benar adalah "gangguan distribusi logistik" akibat faktor cuaca, namun belum dikatagorikan sebagai bencana.

Keterangan menteri ini terkait dengan kabar terjadi kelaparan yang melanda 19 kampung di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua, sejak empat bulan lalu akibat gagal panen tahunan yang disebabkan hujan terus menerus. Selain gagal panen, beberapa rumah juga rusak akibat longsor.

Agung mengaku telah berkoordinasi langsung dengan Deputi I Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial dengan Pemerintah Daerah setempat, dalam hal ini Bupati Kabupaten Intan Jaya, Songgonaouw.

"Setelah melakukan pengecekan, memang ada gangguan distribusi logistik di Intan Jaya karena gangguan cuaca, tetapi tidak sampai terjadi kelaparan," kata Agung di kantornya, Jakarta, Kamis, 24 November 2011.

Menurut laporan Bupati, kata Agung, kelaparan ini belum dikategorikan sebagai bencana karena penduduk masih memiliki persediaan makanan walaupun terbatas. Karena itu, Bupati belum melaporkan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

"Pemerintah daerah juga secara rutin mendrop logistik yang hanya bisa disalurkan melalui udara. Saat ini Kabupaten Intan Jaya telah menerima bantuan beras sebanyak tiga ton dari Pemprov Papua," ungkapnya.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Faktor Cuaca

Agung tidak menampik pernah terjadi keterlambatan beberapa kali dalam pendistribusian karena faktor cuaca. "Pada November dan Desember ini memang di sana cuacanya sangat berat, sehingga jadwal penerbangan yang membawa logistik ikut terganggu. Namun demikian tidak sampai kelaparan," ungkapnya.

Kemenko Kesra juga telah berkoordinasi dengan BNPB dan Kemensos untuk segera memberikan bantuan kepada Pemda Kabupaten Intan Jaya jika kondisi di lapangan semakin parah.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Agung berjanji akan menambah kekuatan armada pesawat yang mendistribusikan logistik ke daerah tersebut.  Selain itu pemerintah juga menegaskan kesiapan mengantisipasi kemungkinan terjadinya masalah-masalah terkait bencana yang bersifat darurat dengan sistem dukungan logistik yang tersedia. (ren)

Ilustrasi teknologi tes DNA yang praktis

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Sebuah tes DNA yang menganalisis metabolisme dan kebutuhan nutrisi, memungkinkan para pengguna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kondisi kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024