Main di Luar, Agar Mata Lebih Sehat

VIVAnews - Apakah teman-teman pernah mendengar tentang gangguan mata yang disebut miopi? Miopi adalah ganguanĀ  yang membuat mata kita sulit melihat jarak jauh. Penglihatan menjadi buram atau kabur.

Ketua KPU Dilaporkan karena Diduga Lakukan Tindakan Asusila

Biasanya, miopi ini banyak dialami anak-anak berusia 8-14 tahun, seperti kita. Jika sudah terkena miopi, mau tidak mau kita harus menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan agar tidak buram dan kembali jelas.

Miopi disebabkan oleh dua hal yaitu faktor keturunan dan lingkungan. Jika orang tua kalian mengalami miopi dan menggunakan kacamata, kemungkinan besar kalian juga akan terkena miopi. Kalau faktor lingkungan, salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak menonton televisi atau bermain komputer.

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

Radiasi dari cahaya televisi dan komputer itulah yang bisa merusak penglihatan kita, teman-teman. Apalagi jika jarak kalian dari depan televisi atau komputer terlalu dekat.

Sebenarnya, ada cara untuk mencegah agar teman-teman tidak terkena miopi dan mata selalu ada dalam keadaan sehat, yaitu bermain di luar rumah. Menurut penelitian di Boston, Amerika Serikat, jika anak-anak seusia kita banyak bermain di luar rumah, akan lebih sedikit terkena gangguan mata seperti miopi.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Jika kalian ingin mata selalu dalam keadaan sehat dan tidak memakai kacamata, mulai sekarang kalian harus banyak bermain di luar rumah. Misalnya bermain sepeda, bola kaki, basket dan lain-lain.

Permainan di luar rumah akan mencegah teman-teman terlalu banyak menonton televisi dan komputer. Karena, jika bermain dalam rumah teman-teman akan banyak menonton televisi atau bermain komputer.

Keuntungan lainnya bermain di luar rumah adalah mata kalian mendapat sinar matahari yang cukup untuk tubuh dan mata kita. Untuk tubuh, sinar matahari yang mengandung vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Sedangkan untuk mata, cahaya matahari dapat mengecilkan pupil, yaitu bagian mata yang mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk ke lensa mata, sehingga mata kita dapat melihat lebih jelas atau lebih fokus.

Jadi, mulai sekarang, kita harus lebih banyak memilih bermain di luar rumah agar tubuh kita sehat, cepat tinggi, dan mata tetap cemerlang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya