KTT ASEAN dan Peluang Diplomasi Indonesia

Para pemimpin ASEAN di KTT ASEAN ke-19 di Bali
Sumber :
  • REUTERS/Romeo Ranoco

VIVAnews - Ekonom Bank Danamon, Anton Gunawan, melihat ada beberapa hal yang harus dibawa Indonesia dalam pertemuan KTT ASEAN yang berlangsung mulai hari ini di Nusa Dua, Bali.

Dalam hal perbankan, Indonesia harus melakukan diplomasi dengan negara anggota ASEAN agar perbankan Indonesia mudah membuka cabang di negara lain.

"Seperti yang kita lihat bank asing sangat mudah untuk membuka cabang dan menjalankan bisnisnya di Indonesia, tapi ketika perbankan Indonesia ingin membuka cabang diluar sangat susah sekali," ujar Anton saat di hubungi VIVAnews.com, Kamis 17 November 2011.

Dalam hal persaingan industri jasa, Anton menuturkan Indonesia harus meningkatkan persaingan di kacah internasional. Karena persaingan industri jasa di Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

"Tapi jika dari sisi investasi, saya lihat Indonesia sudah cukup baik," jelasnya.

Sementara itu dari sisi bilateral, Indonesia harus pintar membuat kerjasama agar perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lebih meningkat. Dengan adanya forum ini, Indonesia dapat meningkatkan keamanan TKI yang bekerja di negara ASEAN.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana
Ilustrasi Mobil Patroli Polisi

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Seorang jambret membawa kabur mobil patroli polisi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 28 Maret 2024 dini hari. Aksi jambret ini viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024