Pasukan Pengamanan Obama Tiba di Bali

KTT Apec 2011
Sumber :
  • Reuters/Larry Downing

VIVAnews United State Secret Service (USSS) atau Pasukan Pengamanan Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah tiba di Bali. Kedatangan pasukan elit bentukan mantan Presiden AS Abraham Lincoln, 14 April 1865 silam itu, menandai semakin dekatnya kedatangan Obama ke ke Bali untuk mengikuti serangkaian kegiatan KTT ASEAN dan KTT Asia Timur pada tanggal 17-19 November 2011.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Bali, I Ketut Untung Yoga, menyatakan bahwa pasukan elit AS itu sudah berkoordinasi dengan tim dari Pasukan Pengamanan Presiden RI (Paspampres). “Mereka (USSS) sudah tiba di Bali. Berapa jumlahnya saya kurang tahu, tapi yang pasti tim,” kata Untung kepada VIVAnews, Kamis 17 November 2011.

Untung mengaku tak tahu persis, apakah dengan telah tibanya USSS di Bali, kedatangan Obama akan lebih cepat sehari dibanding jadwal semula. Awalnya, Obama dijadwalkan tiba di Bali pada Jumat, 18 November 2011, untuk mengikuti pertemuan KTT Asia Timur pada Sabtu, 19 November 2011. Ini adalah pertama kalinya KTT Asia Timur diikuti AS dan Rusia.

Staf Konsulat AS di Bali, Emily, telah meminta media untuk bersiap meliput kedatangan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, yang menurutnya akan segera diikuti dengan kedatangan Presiden Obama.

Untung sendiri menegaskan, tak ada masalah bila jadwal kedatangan Obama berubah. “Prinsipnya, kapan pun Obama akan tiba, kami sudah siap memberikan pengamanan,” kata Untung.

Hasil-hasil KTT ASEAN 2011 tersebut akan dirangkum dalam Bali Concord III sebagai bentuk peran aktif ASEAN dalam isu-isu global. Bali Concord III juga akan menyepakati kerjasama ASEAN dalam menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan.

Laporan: Bobby Andalan | Bali, umi

Harley-Davidson Dapat Saingan Baru dari China
Polisi di lokasi kecelakaan beruntun di Tol Sumo, Jawa Timur. (PJR Ditlantas Polda Jatim)

7 Mobil Kecelakaan Beruntun di Tol Surabaya-Mojokerto, Bayi 7 Bulan Luka

Kecelakaan diduga karena pengemudi tak konsentrasi.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024