NASIONAL

VIDEO: Pembantaian Orangutan di Kalimantan

Pembantaian diduga melibatkan perusahaan perkebunan dari negara asing.

ddd
Kamis, 17 November 2011, 08:08
Orangutan
Orangutan (Daily Mail)

VIVAnews - The Centre for Orangutan Protection (COP) menemukan beberapa wilayah populasi orangutan di Kalimantan menjadi pusat penyiksaan dan pembantaian oleh pihak tertentu. Bahkan, pelakunya diduga melibatkan perusahaan perkebunan dari negara asing.

Menurut COP, ada perusahaan tertentu yang sengaja memberikan hadiah sebesar Rp500 ribu hingga Rp1 juta kepada pihak yang berhasil menghabisi orangutan setiap kali mendekat ke lahan konsesi. Bagi perusahaan itu, primata ini adalah hama yang mengganggu perkebunan sawit.

COP mengaku menemukan bukti-bukti terkait pembantaian itu. Mereka menemukan kerangka orangutan, banyak yang mati ditembak dan bangkainya masih dipohon.

Menurut COP, penyiksaan ini bukan pertamakali terjadi, diduga sejak 2008. COP telah melaporkan pembantaian ini ke pemerintah, namun tidak pernah mendapat tanggapan serius.

COP akan melaporkan pembantaian ini hingga ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seperti dilansir tvOne, mereka juga akan menempuh jalur hukum.

Pembantaian orangutan ini telah mendapat sorotan dunia internasional. (Baca: Pembantaian 750 Orangutan Jadi Sorotan Dunia)

Lihant video: di tautan ini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
arif.blogger
17/11/2011
Pemerintah melakukan apa? AYO LINDUNGI MEREKA... JANGAN HANYA BISA PURA2 TIDAK TAU...
Balas   • Laporkan
anggadimazya | 01/12/2011 | Laporkan
betul itu,,, biasalah indoneisa UUD... mudah2an hukum dunia bertindak....
renal paladas
17/11/2011
cepat diproses pelakunya, kasihan orangutan yang hidup dengan habitat yang minim. seharusnya kita melindungi
Balas   • Laporkan
sheilaamara
17/11/2011
ih manusia, mereka rela membantai makhluk hidup demi mendapatkan keuntungan semata... #laknat
Balas   • Laporkan
delon
17/11/2011
Dasar manusia tidak berprikeORANGHUTANAN, Emang duit dari negri sbrang lbih banyak n lbinh mnggiurkan. Rakyat kita mau-maunya di bodohi. demi ......................
Balas   • Laporkan
subhan riyadi
17/11/2011
sungguh ironis, begitu berkuasanya duit. tega-teganya membantai orang utan tanpa rasa belas kasihan. Jika hal seperti itu dibiarkan maka manusia tak ubahnya seperti binatang.
Balas   • Laporkan
whyyou
17/11/2011
dasar manusia yg hama pngn uang aja...tega bunuh binatang yg lucu itu sama ja mreka yg binatang,ga da belas kasian ma skali..suatu saat pastilah da blsannya....buat org sprti itu..
Balas   • Laporkan
dekasyah
17/11/2011
tidak pri kemanusiaan dan pri keadilan .huft
Balas   • Laporkan
drazillo
17/11/2011
yaaa... siapapun orangnya pasti dia mau ko, kalo di kasih duit... orang benaran aja (manusia), ngga ada yang mau perhatiin, dri segi ekonomi, pendidikan dll. apalagi orangutan... buat pemerintah, tlng perhatikan masyarakat pedalaman.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com