NASIONAL

VIDEO: Pembantaian Orangutan di Kalimantan

Pembantaian diduga melibatkan perusahaan perkebunan dari negara asing.
Kamis, 17 November 2011
Oleh : Eko Huda S
Orangutan

VIVAnews - The Centre for Orangutan Protection (COP) menemukan beberapa wilayah populasi orangutan di Kalimantan menjadi pusat penyiksaan dan pembantaian oleh pihak tertentu. Bahkan, pelakunya diduga melibatkan perusahaan perkebunan dari negara asing.

Menurut COP, ada perusahaan tertentu yang sengaja memberikan hadiah sebesar Rp500 ribu hingga Rp1 juta kepada pihak yang berhasil menghabisi orangutan setiap kali mendekat ke lahan konsesi. Bagi perusahaan itu, primata ini adalah hama yang mengganggu perkebunan sawit.

COP mengaku menemukan bukti-bukti terkait pembantaian itu. Mereka menemukan kerangka orangutan, banyak yang mati ditembak dan bangkainya masih dipohon.

Menurut COP, penyiksaan ini bukan pertamakali terjadi, diduga sejak 2008. COP telah melaporkan pembantaian ini ke pemerintah, namun tidak pernah mendapat tanggapan serius.

COP akan melaporkan pembantaian ini hingga ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seperti dilansir tvOne, mereka juga akan menempuh jalur hukum.

Pembantaian orangutan ini telah mendapat sorotan dunia internasional. (Baca: Pembantaian 750 Orangutan Jadi Sorotan Dunia)

Lihant video: di tautan ini.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found