Negara ASEAN Sepakati Zona Bebas Nuklir

Presiden Tinjau Lokasi KTT Asean
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - ASEAN coba merangkul negara-negara pengguna senjata nuklir untuk mendukung proliferasi nuklir di kawasan Asia Tenggara. Langkah ini untuk memastikan tidak ada negara-negara tersebut yang menyerang ASEAN dengan senjata mematikan tersebut.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, pada konferensi pers terkait KTT ASEAN di Bali, Rabu 16 November 2011. Ini juga termasuk ke dalam pencapaian ASEAN dalam bidang politik keamanan yang merupakan salah satu pilar ASEAN.

Natalegawa menambahkan, perwujudan zona bebas nuklir di ASEAN harus ditindaklanjuti di dalam negeri masing-masing negara anggota. Dengan adanya kesepakatan tersebut, lanjutnya, maka akan tercipta rezim untuk memastikan penghormatan terhadap ketentuan yang telah dipahami bersama.

Inti dari kesepakatan ini bukan masalah teknis yang menyertai rencana tersebut. Namun, kata Natalegawa, adalah adanya pengakuan negara nuklir akan adanya zona bebas nuklir di ASEAN.

"Ini akan memberikan jaminan negara-negara tersebut tidak akan menggunakan senjata nuklir untuk menyerang ASEAN. Tidak juga untuk mengancam," jelas Natalegawa.

Kesepakatan bulat mengenai zona bebas nuklir dan merangkul negara luar telah berusaha dicapai ASEAN dalam waktu 10 tahun terakhir. Menteri-menteri luar negeri ASEAN merampungkan kesepakatan ini pada pertemuan Dewan Politik Keamanan hari ini.

"Asia Tenggara akan lebih aman, karena kita akan mendapatkan jaminan dari semua negara nuklir tidak akan menggunakan senjata nuklir," ujar Natalegawa. (sj)

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024