NASIONAL

MUI Kritik Ustad Kurang Mendidik di Televisi

"Saya tidak bisa sebut nama, tapi adalah," kata Ketua MUI Ma'ruf Amin.
Selasa, 15 November 2011
Oleh : Ismoko Widjaya, Syahrul Ansyari
Ketua MUI Ma'ruf Amin

VIVAnews - Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mengeluhkan kemunculan ustad-ustad yang lebih banyak mengumbar canda dan tawa daripada dakwah di televisi. Ma'ruf menilai mereka tidak memberikan materi yang mendidik, hanya sekedar pepesan kosong.

"Substansinya sangat kurang sekali, mereka lebih banyak bercanda kepada publik. Jadi intinya mereka lebih mengarah ke aksesoris bukan ke arah substansi seperti mendidik," kata Ma'ruf Amin saat ditemui di kantor MUI, Jakarta, Selasa 15 November 2011.

Dia mengatakan seharusnya mereka lebih mendidik dalam rangka meningkatkan kualitas umat muslim. Kalau hanya sekedar bercanda fungsi sebagai pendakwah akan hilang.

Oleh karenanya, dia berencana akan mencari cara bagaimana agar dakwah di televisi menjadi lebih berkualitas.

"Ada juga yang masih dalam batas. Tapi saya lihat memang sudah ada yang melewati koridor. Saya tidak bisa sebut nama, tapi adalah," ujarnya.

Tidak hanya itu, MUI pun berencana memberikan teguran langsung pada ustad-ustad yang dimaksud. "Nanti kami akan rumuskan hal itu, jadi kalau ada yang melanggar akan kita tegur. Memang sekarang kita belum buat apa-apa. Tapi kita akan buat pedomannya lebih dahulu," kata Ma'ruf. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found