Jabar Distribusikan Vitamin A Dosis Tinggi

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan kekurangan vitamin A pada bayi dan balita merupakan masalah kesehatan yang harus mendapat perhatian khusus dari seluruh stakeholders kesehatan di Jawa Barat. Aalah satunya melalui suplementasi kapsul vitamin A guna meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. 
 
Untuk itu, Heryawan menegaskan saat ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendistribusikan kapsul Vitamin A dosis tinggi dengan jenis kapsul berwarna Biru kepada semua bayi usia 6-11 bulan, dan kapsul berwarna merah diberikan pada anak usia 12-59 bulan, yang pemberiannya dilakukan 2 kali setahun pada bulan Februari dan Agustus.
 
"Berkaitan dengan itu, maka Pencanangan Bulan Distribusi Kapsul Vitamin A Tingkat Provinsi Jawa Barat diharapkan meningkatkan motivasi stakeholders  kesehatan dan masyarakat Jawa Barat, untuk tercapainya kondisi seluruh bayi usia 6-11 bulan serta balita usia 12-59 bulan mendapat Vitamin A," ujar Heryawan di hadapan ratusan hadirin yang memadati Posyandu.
 
Menurut data BPS Provinsi Jawa Barat (2007), angka kematian bayi (AKB)  mencapai 43,4 per 1.000 kelahiran hidup.  Dengan tingkat prevalensi kurang  vitamin A sebesar 19,4%. Berdasarkan kondisi tersebut, Netty mengingatkan agar segera melakukan upaya secara sinergis sehingga dapat tercapainya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi bayi dan balita.
 
Kapsul vitamin A dosis tinggi, baik warna merah maupun biru diberikan secara Cuma-Cuma dan dapat diperoleh di 45.572 Posyandu dan 1.007 Puskesmas di 26 Kabupaten/Kotamadya.  Untuk melayani pendistribusian vitamin A tersebut, sudah disiapkan 13.620 kader Posyandu yang didampingi petugas Puskesmas dan pembina Desa.
 
Saat ini tersedia vitamin A kapsul biru, untuk bayi usia 6-11 bulan sebanyak 1.213.658 kapsul dan vitamin A kapsul merah untuk bayi usia 12-59 bulan sebanyak 7.716.659 kapsul yang akan disebarkan ke seluruh Kabupaten/Kotamadya di Jawa Barat. Sementara di tingkat Propinsi Jawa Barat juga disediakan vitamin A kapsul biru sebanyak 62.500 kapsul dan kapsul merah sebanyak 2.872.400 kapsul.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024