NASIONAL

Rekrutmen Terbaik, Kemenlu dan Kemenkeu

"Kemenkeu dan Kemenlu dari segi recruitment-nya," ujar Kuntoro.

ddd
Selasa, 8 November 2011, 13:51
Kuntoro Mangkusubroto
Kuntoro Mangkusubroto (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto menyebut dua Kementerian yang memiliki nilai baik pada laporan terkini. Dua Kementerian apa yang memiliki rapor baik itu?

"Sementara ini, Kementerian Keuangan dan Kementerian Luar Negeri," kata Kuntoro Mangkusubroto usai peluncuran buku di Komisi Yudisial, Jakarta Pusat, Selasa 8 November 2011.

Menurut Kuntoro, dua Kementerian itu memiliki poin terbaik dalam hal rekrutmen pegawai. Tetapi, Kuntoro enggan menyebut Kementerian mana yang memiliki nilai jeblok untuk rekrutmen pegawai. "Kemenkeu dan Kemenlu dari segi recruitment-nya," ujar Kuntoro yang juga mantan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral ini.

Kuntoro sendiri pernah menyebut tentang rapor Kementerian. UKP4 memang mengeluarkan penilaian atau rapor kepada Kementerian, bukan kepada si menterinya. "Kalau menteri itu orangnya, kalau kementerian itu sistemnya, lembaganya," kata Kuntoro dalam wawancara dengan VIVAnews.com, Kamis 27 Oktober lalu.

Parameter yang digunakan Unit Kuntoro ini seperti program kerja. Berapa banyak program yang tercapai, berjalan, dan mandek di masing-masing Kementerian.

"Hal itu kami jabarkan menjadi rencana aksi. Tahun ini mesti mencapai segini, tiap bulan mencapai segini. Ada semacam KPI (key performance indicator) kalau di korporasi. Pertama kali di republik ini, kementerian ada KPI-nya," kata Kuntoro saat itu. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com