Rekrutmen Terbaik, Kemenlu dan Kemenkeu

Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto menyebut dua Kementerian yang memiliki nilai baik pada laporan terkini. Dua Kementerian apa yang memiliki rapor baik itu?

"Sementara ini, Kementerian Keuangan dan Kementerian Luar Negeri," kata Kuntoro Mangkusubroto usai peluncuran buku di Komisi Yudisial, Jakarta Pusat, Selasa 8 November 2011.

Menurut Kuntoro, dua Kementerian itu memiliki poin terbaik dalam hal rekrutmen pegawai. Tetapi, Kuntoro enggan menyebut Kementerian mana yang memiliki nilai jeblok untuk rekrutmen pegawai. "Kemenkeu dan Kemenlu dari segi recruitment-nya," ujar Kuntoro yang juga mantan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral ini.

Kuntoro sendiri pernah menyebut tentang rapor Kementerian. UKP4 memang mengeluarkan penilaian atau rapor kepada Kementerian, bukan kepada si menterinya. "Kalau menteri itu orangnya, kalau kementerian itu sistemnya, lembaganya," kata Kuntoro dalam wawancara dengan VIVAnews.com, Kamis 27 Oktober lalu.

Parameter yang digunakan Unit Kuntoro ini seperti program kerja. Berapa banyak program yang tercapai, berjalan, dan mandek di masing-masing Kementerian.

"Hal itu kami jabarkan menjadi rencana aksi. Tahun ini mesti mencapai segini, tiap bulan mencapai segini. Ada semacam KPI (key performance indicator) kalau di korporasi. Pertama kali di republik ini, kementerian ada KPI-nya," kata Kuntoro saat itu. (eh)

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024