NASIONAL

Daftar Pemenang Olimpiade Sains Tahun Ini

Sebanyak 132 finalis untuk berkompetisi di tingkat final, dari total 16 ribu peserta.
Jum'at, 4 November 2011
Oleh : Bayu Galih, Sukirno
Ilustrasi olimpiade matematika

VIVAnews - Perhelatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2011 mencapai tahap akhir, dan grand final digelar malam ini, Jumat, 4 November 2011.

"Saya berharap perguruan tinggi-perguruan tinggi bisa melaksanakan ini semua. Saya berterima kasih pada Pertamina karena telah melakukan ini," kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Musliar Kasim, di kantor Pertamina, Jakarta, Jumat, 4 November 2011.

Dalam OSN Pertamina, setelah melalui serangkaian seleksi dari tingkat daerah hingga provinsi, akhirnya terpilih 132 finalis untuk berkompetisi di tingkat final dari total 16 ribu peserta. Total hadiah senilai Rp2,8 miliar yang terdiri atas uang tunai, beasiswa, dan dana pembinaan diperebutkan dalam grand final.

Pada seleksi final, para finalis mengikuti kegiatan karantina untuk menjalani serangkaian tes seleksi sesuai dengan bidang uang dilombakan, yaitu Kimia, Biologi, Fisika, dan Matematika.

Berbeda dengan penyelenggaraan OSN Pertamina lalu, pada tahun ini pemenang terpilih dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori best presenter dan best theory.

Sistem penilaian untuk best theory dilakukan dengan pembagian soal. Peserta dinilai berdasarkan kualitas teori dalam mengerjakan soal-soal itu.

Sementara itu, kategori best presenter dinilai berdasarkan kualitas presentasi. Ketika peserta lolos menuju seleksi pusat, peserta diberikan soal open-ended dan kemudian soal itu harus diselesaikan sesuai dengan teori atau konsep yang menurut peserta tepat untuk dijawab.

Penyelenggaraan OSN Pertamina 2011 yang menginjak tahun keempat diharapkan dapat menjadi tolok ukur dan sarana pengembangan kualitas kemampuan akademik anak bangsa di bidang sains. Selain itu, akan mendorong ketertarikan generasi muda terhadap ilmu sains di Indonesia.

Berikut adalah pemenang untuk masing-masing kategori :

Kategori Best Presenter
1. Matematika : Salwa Nursyahida dari Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat
2. Fisika : Chalis Setyadi dari Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta
3. Kimia : Ade Agus Hidayat dari Universitas Syah Kumala, Nanggroe Aceh Darussalam
4. Biologi : Andreas Binar Aji S dari Universitas Kristen Satyawacana, Jawa Tengah

Kategori Best Theory
1. Matematika : Bernard Immanuel dari Universitas Indonesia, DKI Jakarta
2. Fisika : I Gede Ariana dari Universitas Pendidikan Ganesha, Bali
3. Kimia : Irkham dari Universitas Indonesia, DKI Jakarta
4. Biologi : Ardirantiono dari Universitas Indonesia, DKI Jakarta

(art)

 

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found