Obama, Tokoh Berpengaruh 2011 Versi Forbes

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Larry Downing

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama menjadi tokoh paling berpengaruh di dunia tahun 2011 versi majalah Forbes. Obama berhasil menggeser posisi Presiden China, Hu Jintao, yang pada 2010 lalu menduduki peringkat puncak.

Presiden kulit hitam pertama AS ini berhasil mengalahkan orang-orang berpengaruh lainnya di dunia sehingga dianggap sebagai orang terkuat. Popularitas presiden berpenghasilan US$569.000 ini, menurut Forbes, tidak menurun.

Padahal, saat ini Obama sedang terbelit masalah ekonomi, terutama pengangguran, janji kampanye yang hancur belum terbayar, dan negosiasi utang yang banyak diejek. Semua masalah itu dinilai akan menurunkan popularitas Obama dan membahayakan pencalonannya kembali di tahun 2012 mendatang.

Tetapi, Forbes tetap menetapkan Obama sebagai orang paling berkuasa di planet bumi tahun ini. Apa alasan Forbes?

Meskipun AS sering bertingkah aneh, AS tetap tidak bisa diragukan sebagai negara terkuat di dunia dengan kekuatan ekonomi terbesar, militer yang paling inovatif dan mematikan. Selain itu, hanya satu saingan Obama, yaitu orang terkuat versi Forbes tahun lalu, Hu Jintau. Namun, pengaruh Hu Jintao berkurang ketika dia menyerahkan jabatan politiknya.

Pada 2010 lalu, Obama hanya menduduki peringkat kedua dibawah Hu Jintau. Padahal pada 2009 Presiden AS ke-44 ini tercatat sebagai orang paling terkenal di dunia versi Forbes.

Sementara itu, Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin menduduki peringkat kedua, jauh meninggalkan rekan politiknya Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, yang berada di urutan 58.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Medvedev baru-baru ini mengumumkan bahwa dirinya tidak akan mencalonkan lagi sebagai presiden karena telah mempersiapkan mentornya, Putin, sehingga dimungkinkan Putin akan memegang jabatan Presiden Rusia hingga 2024 mendatang.

Di posisi ketiga terdapat Presiden Cina, Hu Jintau. saat ini Hu Jintau memegang tiga kekuasaan sebagai Pemimpin Paramount China, yaitu Sekretaris Jenderal Partai Komunis, Presiden, dan Panglima.

Tetapi, rencana suksesi telah diatur dengan baik di Cina. Dimulai dari posisi Sekretaris Jenderal, tahun depan Hu Jintao akan digantikan oleh Xi Jinping, yang setahun berikutnya akan menggantikannya sebagai presiden.

Siapa lagi orang terkuat versi Forbes, berikut daftar 10 besarnya:

1. Barack Obama (50), Presiden Amerika Serikat
2. Vladimir Putin (59), Perdana Menteri Rusia
3. Hu Jintau (68), Presiden Republik Rakyat China
4. Angela Merkel (57), Kanselir Jerman
5. Bill Gates (56), Pendiri Microsoft
6. Abdullah bin Abdul Aziz al Saud (87), Raja Saudi Arabia
7. Paus Benedictus XVI (87), Paus Gereja Katolik Roma
8. Ben Bernanke (57), Pimpinan Federal Reserve, AS
9. Mark Zuckerberg (27), Pendiri Facebook
10. David Cameron (45), Perdana Menteri Inggris

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Partai Demokrat menyebut nama kadernya Dede Yusuf yang potensial untuk diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024