Sumbar Banjir, 3 Tewas 52.000 Mengungsi

Banjir
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Banjir yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menewaskan tiga orang warga. Data sementara yang dikeluarkan Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Sumbar, puluhan ribu warga terpaksa mengungsi.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

“Korban meninggal tiga orang, rumah hancur 51 unit sedangkan warga yang mengungsi mencapai 52.123 jiwa,” ujar manager Pusdalops PB Sumbar, Ade Edward, kepada VIVAnews, Kamis 3 November 2011.

Selain itu, 21 unit rumah mengalami rusak berat akibat diterjang banjir yang terjadi sejak kemarin malam. Rusak sedang mencapai 73 unit rumah, sedangkan rusak ringan sekitar 201 unit rumah.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Daerah terparah yang terkena sapuan banjir berada di Pasir Putih, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Sedikitnya, enam kecamatan diterjang banjir akibat meluasnya sejumlah aliran sungai di Batang Kapas.

Sebelumnya, hujan yang mengguyur sejumlah daerah di Sumatera Barat sejak semalam juga memutuskan jalan darat yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Bengkulu melalui Muko Muko.

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Saat ini, ujar Ade, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah berada di lokasi untuk membantu mengevakuasi warga. Belum ada angka pasti yang diterima Pusdalops PB Sumbar hingga siang ini terkait jumlah korban dan kerugian materi akibat banjir tersebut.

Terkait nama-nama korban yang dikabarkan meninggal, Ade mengaku, pihaknya belum mendapatkan informasi dari petugas di lapangan. “Namanya kita belum dapat, saat ini kita masih terus berkoordinasi untuk mengirimkan bantuan,” tambahnya. (Laporan Eri Naldi | Padang)

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024