Dua Tahun, Dua Kali Juara Dunia Matematika

Dhia Fairuz Shabrina
Sumber :
  • Tudji Martudji| Surabaya

VIVAnews -- Usianya masih belia, baru sebelas tahun. Namun, siswi kelas VI SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya sudah menorehkan prestasi luar biasa: dua kali juara dunia kompetisi ilmu pengetahuan.

Dhia Fairuzshabrina, nama gadis cilik itu, membuat sekolahnya harum karena dua kali memenangkan lomba matematika di tingkat dunia.

Pertama, pada tahun 2010, anak bungsu dari dua bersaudara pasangan Hery Abiyoso dan Endang Irawati ini menang Internasional Mathematics Contest (IMC) di Singapura. Kedua, tahun 2011 kembali memenangi Wizard at Internasional Mathematics Competition (Wizmics) di Lucknow, India.

"Saya hanya seminggu berlatih sebelum mengikuti lomba matematika di India. Yakni, terus belajar geometri, aritmetika dan aljabar," kata pemilik panggilan Ade ditemui di sekolahnya, Jumat 28 Oktober 2011.

Ade, menjelaskan, dalam lomba adu cerdas matematika yang berlangsung di Montessori School RSDO Campus, Lucknow, India itu ia harus menyisihkan ratusan peserta dari India, Filipina, Afrika Selatan, China dan Thailand. "Dan, saya akhirnya bisa menang dengan mendapat medali emas," kata dia.

Pemilik hobi membaca dan belajar matematika ini mengaku, dalam hal belajar, tidak ada hal istimewa yang dia lakukan. Hanya saja, membuka dan membaca buku pelajaran selalu dilakukan secara rutin setiap pulang sekolah dan malam hari saat waktu belajar.
"Itu juga tidak lama, hanya dua jam," lanjut siswi yang aktif sebagai wartawan cilik di sekolahnya itu.

Catatan yang ada, selain menjadi peraih juara matematika dunia, ia juga memiliki segudang prestasi di tingkat sekolah. Di antaranya terus
menduduki ranking pertama sejak kelas satu hingga kelas enam. "Saya memang ranking satu terus sejak kelas satu," tegasnya.

Menanggapi prestasi anak didiknya, Kepala Sekolah SD Muhammad 4, Sholihin mengaku bangga. "Kami semua ikut bangga atas keberhasilan Dhia Fairuz Shabrina. Kami berharap ini akan menjadi penyemangat bagi teman-teman lainnya," tegas Sholihin. (sj)

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis
Citra Kirana dan Rezky Aditya

Begini Kronologi Rezky Aditya Bergaya di Depan Media Korea Selatan

Rezky Aditya tiba-tiba mendapat ide untuk berpakaian sebagai artis Korea di depan orang-orang yang membawa kamera di bandara.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024