DPR Kirim Tim Pengawas Haji

Kedatangan gelombang II jamaah haji di Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - "Musim haji" sudah bergulir. Rombongan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat terbang ke Makkah dalam rangka pengawasan penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ahmad Zainuddin memimpin rombongan yang sudah terbang pada 21 Oktober lalu. Mereka terdiri atas 18 anggota DPR.

"Saya sedang di Makkah. Kami melaksanakan tugas pengawasan Ibadah haji. Kemarin kami sudah mengunjungi jamaah dan panitia penyelenggara haji di Madinah dan Jeddah," kata Ahmad Zainuddin ketika dihubungi, Selasa 25 Okktober 2011.

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah

Apa yang ditemukan? "Masalah katering, ada satu perusahaan yang tidak memenuhi ketentuan, (karena) menyediakan makanan basi," ujar Zainuddin. "Kami minta kalau memang tidak ada komitmen memperbaiki ya dibatalkan saja kontraknya."

Menurut Zainudin, masalah pengamanan juga belum maksimal. Indikasinya, banyak jamaah asal Indonesia masih tersesat. "Masalah pengamanan itu memang sangat kurang. Menunjukkan banyaknya jamaah yang tersesat dan untuk mengamankan di daerah rawan itu masih sangat sedikit," ujar dia.

Viral Video Nikita Mirzani Nangis Sesegukan Usai Putus dari Ajudan Prabowo Subianto

Selain mengungkap kekurangan, politikus Partai Keadilan Sejahtera itu juga mengapresiasi pemondokan jamaah yang tak begitu jauh dari masjid. "Ada positif ada yang negatif. Positifnya, di Madinah hampir seratus persen di markaziah (penginapan--red) tak jauh dari Masjid Nabawi. Ada negatifnya, ada yang dipisah tapi hotelnya berjauhan," ujarnya.

Rombongan legislator pengawas penyelenggaraan haji itu merupakan kelompok pertama. Mereka dijadwalkan bertugas sampai 27 Oktober 2011. Kelompok kedua akan berangkat pada tanggal 29 Oktober 2011, juga diikuti 18 anggota Komisi VIII DPR.

Chicco Jerikho

Sempat Berhadapan dengan Maut, Chicco Jerikho Akui Jadi Semakin Dekat dengan Tuhan

Sempat mengalami sesak nafas, hingga tak bisa sadarkan diri. Chicco Jerikho mengaku saat itu sudah seperti berada di ambang kematian.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024