Menhut: Moratorium Penebangan Diperpanjang

Menteri Kehutananan RI Zulkifli Hasan diwawancara media
Sumber :

VIVAnews – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan moratorium penebangan hutan akan diperpanjang. Sebelumnya, moratorium yang diberlakukan sejak 2010 itu akan berakhir pada 2012 mendatang.

“Tapi saya ingin memperpanjangnya hingga saya selesai menjabat pada 2014,” kata Zulkifli Hasan di Pusat Konservasi dan Taman Wisata Mangrove, di Denpasar, Bali, Sabtu 22 Oktober 2011.

Menurut dia, pemberlakuan moratorium penebangan hutan selama ini telah membawa dampak yang bagus. Sejak moratorium, kata dia, kondisi hutan Indonesia terlihat semakin membaik. “Kita berlakukan moratorium penebangan hutan, pembabatan lahan gambut, lahan-lahan primer kita. Lantaran itu, kita berharap moratorium ini terus diperpanjang untuk memulihkan kondisi hutan kita,” tutur dia.

Dalam kesempatan ini, Zulkifli menyoroti rusaknya hutan bakau (mangrove) di Indonesia. Menurut dia, keputusan untuk mengekspor mangrove dan pembabatan untuk tambak yang dilakukan selama ini telah merusak sebagian besar hutan.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

“Jumlah mangrove kita 3,4 juta. Separuhnya rusak. Bahkan belakangan ini bisa saja jumlah kerusakan itu bertambah. Kita ingin memperbaiki semuanya," kata dia.

Sebenarnya, kata dia, mangrove memiliki banyak manfaat. Selain untuk menahan abrasi dan menjadi tempat hidup berbagai macam jenis ikan dan hewan laut lainnya, mangrove juga bisa diolah menjadi berbagai produk makanan dan minuman. “Mangrove itu bisa dijadikan sirup, sabun, kue, tepung, dodol dan lain sebagainya. Bisa pula ia dibudidayakan sehingga menjadi kawasan wisata terpadu semacam ini," kata dia.

Sementara itu, Zulkifli mengaku takjub dengan kondisi hutan bakau di Pusat Konservasi dan Taman Wisata Mangrove, Denpasar. Dia mengatakan, kondisi mangrove di Bali jauh lebih baik jika dibanding di Pulau Jawa. "Di Pulau Jawa, kerusakan mangrove sangat parah. Kita ingin semua daerah nantinya meniru Bali, meski Surabaya dan Jakarta sudah mulai menirunya,” tuturnya. "Maka, model Bali ini bisa dijadikan proyek percontohan.” (Laporan: Bobby Andalan, Bali | kd)

Ilustrasi nyamuk.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Indonesian Health Minister Budi Gunadi Sadikin stated that there are several ways to handle arbovirus diseases, which are transmitted through insect vectors such as mosqu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024