Semeru, Orangutan Sumatera Pulang Kampung

Aksi unik orangutan
Sumber :
  • Daily Mail

VIVAnews - Kementerian Kehutanan bekerjasama dengan pemerintah Australia hari ini melakukan repatriasi atau memulangkan Orangutan Sumatera (pongo abelli). Orangutan ini dilahirkan di kebun binatang Pert Zoo Australia.

Orangutan bernama Semeru tersebut tiba melalui Gudang Cargo Hanger 530 dengan pesawat Garuda nomor penerbangan GA 725.

"Semeru akan dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Tigapuluh," kata Martin Newbery, dari Regional Director Goverment of Western Australia di Bandara Soekarno Hatta, Senin 17 Oktober 2011.

Menurut dia, Semeru akan dikarantina selama dua minggu sebelum dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Jambi. Setelah dilepasliarkan dalam masa adaptasi, setiap hari akan dimonitor secara seksama oleh dua petugas khusus selama minimal dua tahunan. "Untuk pengawasannya akan dijaga oleh unit perlindungan satwa liar," katanya.

Repatriasi yang dilakukan dua negara juga dalam rangka upaya penyadaran publik tentang konservasi spesies di Indonesia, khususnya orangutan.

Semeru lahir di kebun binatang Pert Zoo Australia. Orangutan berusia enam tahun ini termasuk spesies langka dan dilindungi. Secara umum orangutan jantan memiliki ciri tinggi 4,6 kaki dan berat 200 pon. Sedangkan orangutan betina memiliki ukuran tubuh lebih kecil dengan tinggi 3 kaki dan berat 100 poon.

"Sebelum Semeru, kedua negara pernah repatriasi jenis orangutan bernama Tamara ditempat yang sama yang sekarang sudah bisa beradaptasi," katanya.

Laporan: Muhammad Iyus | Tangerang

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
Gambar Nyamuk DBD

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

The number of dengue fever cases in Indonesia has increased, with over 35,000 patients so far. Meanwhile, 390 people have died due to dengue fever.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024