Kiemas: Pemerintah-DPR Harus ke Camar Bulan

Peta Kalimantan
Sumber :

VIVAnews -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Taufiq Kiemas mengatakan pemerintah harus mengecek daerah perbatasan di Camar Bulan dan Tanjung Datu, Kalimantan Barat yang menjadi sengketa dengan Malaysia. Menurut dia, kunjungan itu sangat penting untuk memastikan informasi adanya pelanggaran batas wilayah oleh Malaysia.

"Seharusnya pemerintah, MPR, dan Komisi I DPR sampai Pemda, Pangdam datang ke sana, ke daerah konflik itu," kata Kiemas di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011. "Kalau informasi tidak tepat, kan malu juga kita."

Menurut dia, daerah-daerah perbatasan seperti di Camar Bulan dan Tanjung Datu banyak yang tidak terpetakan. "Sekarang saja kalau cari di google, tidak ada yang tahu," kata dia.

Kiemas mengatakan, seharusnya pemerintah lebih peduli lagi dengan batas-batas negara. Batas-batas wilayah negara itu harus dikelola dengan benar agar tidak terulang lagi hilangnya wilayah negara karena bersengketa dengan negara tetangga.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Saya rasa, pembangunan daerah perbatasan harus didilakukan. Kalau tidak ada pembangunan, mereka (masyarakat) kan berdua-dua itu sama saudara," kata dia. "Kita harus mengurusnya secara benar. Jangan seolah-olah sekarang kita kecolongan terus." (eh)

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024