NASIONAL

AM Hendropriyono

Dekat Camar Bulan, Ada Jejak Kaki Gajah Mada

Di sebuah gunung, satu kilometer dari Camar Bulan, terdapat batu bekas kaki Gajah Mada.

ddd
Senin, 10 Oktober 2011, 20:12
Bekas Kepala BIN AM Hendropriyono
Bekas Kepala BIN AM Hendropriyono (Antara/ Regina Safri)

 

VIVAnews - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara, AM Hendropriyono, menegaskan Camar Bulan adalah bagian tak terpisahkan dari Indonesia. Menurut Hendro, di dekat daerah itu, terdapat sebuah gunung bernama Asuansang.

Di gunung itu, kata Hendro, terdapat batu berbekas telapak kaki Mahapatih Majapahit, Gajah Mada. Gunung tersebut sekitar satu kilometer dari Camar Bulan.

"Dan itu secara de facto kedua belah pihak menyatakan itu kita punya. Yang bisa kita tandai waktu itu di gunung-gunung seperti Kanji, Bueh, dulu untuk mempermudah kita di dalam melihat batas di lapangan," kata Hendro. "Kalau sungai mengarah ke sana berarti punya Malaysia, kalau mengarah ke mari, masuk wilayah Indonesia," ucapnya  saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Senin 10 Oktober 2011.

Menurutnya, persoalan perbatasan kedua negara akan diselesaikan setelah separatis Serawak berhasil diatasi. Dua negara sepakat akan menggelar perundingan di tingkat politik.

"Saya kira itu sudah diselenggarakan beberapa kali," kata Hendro. "Persoalannya adalah di lapangannya. Itu yang tidak selalu sejajar dengan apa yang di buat di Jakarta," tuturnya.

Camar Bulan menjadi berita setelah Wakil Ketua Komisi I DPR Tb Hasanuddin mengungkit dugaan pencaplokan wilayah itu oleh Malaysia. Hari ini, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto membantah tuduhan itu. (umi)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Ian
11/10/2011
Lho, pak Hendro kok berbeda dengan Wapendam Kodam Tanjungpura? Menurut Pak Letkol, TNI - Malaysia berpatokan pada perjanjian Semarang thn 1978. Yang memuat camar bulan adalah bagian Malaysia.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru