AM Hendropriyono

Dekat Camar Bulan, Ada Jejak Kaki Gajah Mada

Mantan Kepala BIN AM Hendropriyono
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVAnews - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara, AM Hendropriyono, menegaskan Camar Bulan adalah bagian tak terpisahkan dari Indonesia. Menurut Hendro, di dekat daerah itu, terdapat sebuah gunung bernama Asuansang.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Di gunung itu, kata Hendro, terdapat batu berbekas telapak kaki Mahapatih Majapahit, Gajah Mada. Gunung tersebut sekitar satu kilometer dari Camar Bulan.

"Dan itu secara de facto kedua belah pihak menyatakan itu kita punya. Yang bisa kita tandai waktu itu di gunung-gunung seperti Kanji, Bueh, dulu untuk mempermudah kita di dalam melihat batas di lapangan," kata Hendro. "Kalau sungai mengarah ke sana berarti punya Malaysia, kalau mengarah ke mari, masuk wilayah Indonesia," ucapnya  saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Senin 10 Oktober 2011.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Menurutnya, persoalan perbatasan kedua negara akan diselesaikan setelah separatis Serawak berhasil diatasi. Dua negara sepakat akan menggelar perundingan di tingkat politik.

"Saya kira itu sudah diselenggarakan beberapa kali," kata Hendro. "Persoalannya adalah di lapangannya. Itu yang tidak selalu sejajar dengan apa yang di buat di Jakarta," tuturnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Camar Bulan menjadi berita setelah Wakil Ketua Komisi I DPR Tb Hasanuddin mengungkit dugaan pencaplokan wilayah itu oleh Malaysia. Hari ini, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto membantah tuduhan itu. (umi)

Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024