Pendataan e-KTP DKI Mundur Hingga 2012

Sekretaris Daerah Sukabumi M Muraz mencoba alat pembuatan e-KTP
Sumber :
  • VIVAnews/Permadhi

VIVAnews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta memastikan pendataan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Jakarta mundur hingga April 2012. Padahal, target awal pendataan diharuskan rampung pada akhir tahun ini.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Purba Hutapea, menjelaskan, mundurnya target pendataan e-KTP disebabkan karena sejumlah kendala. Salah satunya terkait keterlambatan alat dari Kementerian Dalam Negeri.

"Kami minta pinjaman alat diperpanjang sampai tahun depan. Karena target akan mundur sampai 2012," ujar Purba Hutapea.

Meski ada 267 kelurahan yang telah memilik dua perangkat pendataan, akan tetapi kondisi alat yang rusak menjadi kendala tersendiri. Di Kepulauan Seribu bahkan ada enam alat yang tidak berfungsi dengan baik. Tidak sedikit juga alat yang kerap mengalami masalah. Yaitu alat perekam iris (retina) mata.

"Kalau satu rusak, tentu akan terhambat karena tidak ada cadangan," katanya.

Dengan satu perangkat, harusnya mampu mendata hingga 150 warga setiap harinya. Dan bila tidak ada kendala, hingga November harusnya pendataan sudah mencapai 40 persen dari total wajib e-KTP, yakni sekitar 7 juta jiwa lebih.

Sejak program ini diberlakukan pada pertengahan Agustus lalu, tercatat sudah ada 743.713 warga yang terekam. Atau sekitar 10 persen wajib e-KTP di Jakarta sudah terdata.

Sesuai kesepakatan, alat-alat pendataan akan ditarik Kemendagri pada akhir tahun. Kecuali 88 perangkat yang dihibahkan. Padahal alat tersebut baru mulai digunakan awal September lalu.

Terkait proses pencetakan eKTP, Purba mengaku tidak mengetahui pasti kapan akan dimulai. Karena tahap pencetakan adalah ketepan pusat.

"Pencetakan e-KTP, blanko ada di pusat. Dijanjikannya satu bulan, tapi sampai sekarang belum ada satu (yang dicetak), janjinya Oktober ini," tambahnya.

Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024