17 Lumba-lumba Mati Terdampar di Ujung Kulon

Lumba-lumba
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Sebanyak 23 ekor lumba-lumba terdampar di Pantai Muara Cikawung, Desa Ujung Jaya, Ujung Kulon, Pandeglang, Banten. Koordinator Riset dan Rehabilitasi Satwa Jakarta Animal Aid Network, Benvika mengatakan, dari 23 lumba-lumba itu, 17 di antaranya mati. "Sedangkan sisanya sudah digiring kembali ke laut lepas," terang Benvika saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 30 September 2011.

Dia menjelaskan, lumba - lumba itu terdampar sejak Rabu kemarin. Awalnya ditemukan 16 yang mati, dan keesokan harinya ditemukan lagi satu lumba-lumba jenis hidung botol dalam keadaan tak bernyawa.

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu

Menurut Benvika, saat ini pihaknya bersama Taman Nasional Ujung Kulon sedang melakukan pemantauan agar lumba-lumba itu tak kembali ke pantai. "Pemantauan dilakukan selama 2x24 jam," tambahnya.

Saat ini, 17 lumba-lumba yang mati sudah dikubur di sekitar pantai. Benvika mengungkapkan, penyebab ilmiah kenapa ikan itu mati sedang dalam pengkajian. "Kalau berdasarkan cerita-cerita, ada beberapa faktor. Antara lain diduga lumba-lumba itu tersesat dan akhirnya terdampar," tutur dia.

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Cara Presiden Jokowi yang bagi-bagi bansos dekat spanduk pasangan 02 Prabowo-Gibran di Serang, Banten dipersoalkan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024