Anak Amien Rais Kalah di Pilkada Kota DIY

Wakil Ketua Umum DPP PAN Hanafi Rais (kanan) dan Drajad Wibowo
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Kota Gudeg Yogyakarta akhirnya punya walikota baru. Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta melalui rapat pleno menyatakan pasangan calon walikota dan wakil walikota Haryadi Suyuti-Imam Priyono sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah Yogyakarta 2011. Pasangan dari Partai Golkar dan PDI Perjuangan ini mengalahkan putra tokoh Yogyakarta yang juga pendiri Partai Amanat Nasional, Amien Rais.

Haryadi Suyuti dan Imam Priyono, pasangan nomor urut tiga dengan jargon 'HATI', memperoleh 97.047 suara atau 48.3 persen suara dari 14 kecamatan.

Ketua KPU Yogyakarta, Nasrullah usai rekapitulasi perhitungan suara semalam, Kamis 30 September 2011, mengatakan dari 322.872 pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 114.740 orang tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah itu setara dengan 35,5 persen dari jumlah pemilih di DPT.

Pasangan Ahmad Hanafi Amien Rais-Tri Harun Ismaji (FITRI) dari PAN-Demokrat hanya memperoleh 84.122 suara atau 41.9 persen. Mereka disusul pasangan nomor 1 Zuhrif Hudaya-Aulia Reza dari PKS di posisi ketiga dengan jumlah suara sebanyak 19.557 atau 9,7 persen. Zuhrif sendiri merupakan adik istri Ketua KPK Busyro Muqoddas.

"Dari pemilih yang menggunakan hak pilih sebanyak 208.743, jumlah suara sah tercatat 200.726 suara, tidak sah sebanyak 8.017 suara," kata dia.

Nasrullah mengatakan, KPU memberikan waktu tiga hari masa sanggah jika ada gugatan dari ketiga pasangan calon untuk diajukan ke Mahkamah Konstitusi. "Masa sanggah kami berikan tiga hari setelah rekap dilakukan," kata Nasrullah. (Laporan: Erick Tanjung, Yogyakarta | kd)

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024