NASIONAL

40% Pasukan PBB Lakukan Pelecehan Seksual

Data terakhir Monuc menunjukkan kasus pelanggaran seksual 40 persen dilakukan kontingen.

ddd
Selasa, 27 Januari 2009, 21:14
Pasukan TNI di Lebanon dalam misi PBB
Pasukan TNI di Lebanon dalam misi PBB (Dokumentasi Puspen TNI)

VIVAnews - Perilaku penyimpangan berupa pelecehan seksual yang dilakukan pasukan perdamaian PBB mencapai angka cukup tinggi. Menurut data terakhir yang dimiliki Monuc menunjukkan kasus pelanggaran seksual 40 persen dilakukan kontingen.

Salah satu staf Unit Kode Etik disiplin Monuc, Hamina mengatakan, komandan dari masing-masing kontingen berkewajiban mencegah kasus pelanggaran pelecehan seksual terhadap anak buahnya.

Karena itu, diperlukan juga pelatihan dan pemahaman peningkatan kesadaran tentang pentingnya dispilin dalam bidang pekerjaan di organisasi Monuc/PBB.

"Hal ini selain berdampak pada diri sendiri, pelaku, korban dan bahkan organisasi PBB itu sendiri yang tercoreng," ujar Hamina melalui keterangan pers yang diterima VIVAnews, Selasa, 27 Januari 2009.

Tidak hanya itu, diperlukan sikap profesionalisme dalam menjalankan tugas dan rasa hormat terhadap keberagaman nilai-nilai budaya masyarakat setempat dan negara lain.

Melalui pelatihan, diharapkan dapat menyebarluaskan pemahaman tentang perilaku menyimpang, khususnya Sexual Exploitation Abuse (SEA) serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sehingga dapat menyebarluaskan informasi SEA kepada personel lain dalam kontingen.

Mereka juga menjelaskan bahwa pencegahan pelanggaran SEA menjadi faktor penting yang harus dilaksanakan oleh seluruh personel Monuc.
 
Karena itu, dalam kesempatan tersebut, Kontingen TNI menerapkan tindakan pencegahan terhadap pelanggaran SEA, diantaranya dengan memberlakukan jam malam, mewajibkan seragam bagi anggota yang keluar camp, melarang bepergian ke tempat yang dicurigai sebagai tempat pelacuran, serta dengan menyediakan sarana rekreasi di dalam camp disamping melaksanaan kegiatan agama secara terprogram.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id