Ambon Pulih, Siap Gelar Kemah Nasional

Monumen Perdamaian Dunia, di Ambon, Maluku
Sumber :
  • Antara/ Jimmy Ayal

VIVAnews - Pasca-bentrok antara kelompok warga, suasana kota Ambon kembali pulih. Dinamika ekonomi, sosial, dan politik pun mulai berjalan normal. Karena itu Rektor IAIN Ambon pun menjamin Perkemahan Wirakarya PTAI se-Indonesia pada November mendatang akan berjalan baik, termasuk keamanan terhadap 2.500 pesertanya.

Rektor IAIN Ambon, Dedy Djubaidi, menyatakan untuk menguatkan keyakinan para peserta Perkemahan Wirakarya ke kota Ambon, Rektor berjanji akan mengkomunikasikan kondisi keamanan yang terbina saat ini kepada para rektor PTAIN seluruh Indonesia.

"Saya akan mengkomunikasikan kondisi keamanan ini kepada para rektor," kata Dedy Djubaidi kepada wartawan usai menerima rombongan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia di Ambon, Sabtu 17 September 2011.

Menurut Djubaidi, setelah berkoordinasi dengan Polri dan TNI, maka IAIN Ambon siap melaksanakan kegiatan akbar. Rencananya acara itu akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Djubaidi menambahkan, konflik Ambon pekan lalu itu sama sekali tidak mengurungkan niat para peserta.  "Saya yakin yang akan hadir nantinya 2.500 peserta dari dan luar Maluku. Untuk membuka pelaksanaan kegiatan ini sedang kami usahakan RI 1 (Presiden) atau RI 2 (Wapres)," kata Djubaidi.

Djubaidi juga mengatakan ajang itu akan diramaikan dengan berbagai kegiatan sosial, dan digunakan juga mengkampanyekan budaya Maluku ke para peserta. Tentu juga sebagai promosi perdamaian yang dicapai rakyat Maluku.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Amoroso Katamsi menyatakan, persiapan panita di lokasi termasuk agenda pelaksanaan hampir 80 persen rampung. Buktinya, fasilitas perkemahan telah kelar dibangun.

Amoroso mengaku akan membantu pemerintah daerah menjaga situasi keamanan di Maluku. Untuk meyakinkan para tamu tentang sitausi keamanan,  ia juga akan melaporkannya di rapat para pimpinan kwarnas. "Akan kami bantu pemerintah daerah mengkomunikasikan kondisi keamanan ini kepada pemerintah pusat dan seluruh peserta," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Bina Mitra Masyarakat Polda Maluku Kombes Pol Djarot Saw menambahkan, kepolisian juga telah menyiapkan sejumlah personil menguatkan dan mensukseskan kegiatan perkemahan itu.  "Pastinya kami siap mengawal kegiatan ini," ujar Djarot.

Laporan Abu Karim|Ambon

Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024