Gerhana Matahari Terlihat Selama Enam Menit

VIVAnews - Selama sekitar enam menit, warga di Jakarta dapat menikmati puncak dari gerhana matahari cincin. Fenomena alam ini terlihat meski pada saat puncaknya, bentuknya terlihat tidak sempurna.

"Puncak gerhana yang sempurna seperti cincin terlihat di Tanjung Karang, Lampung," kata Amer Fatwa, petugas Planetarium dan Observatorium, di kantornya, Jakarta, Senin 26 Januari 2009.

Sekitar pukul 16.41 WIB, awan yang sebelumnya terlihat tebal, mulai menipis. Sehingga, peristiwa gerhana matahari dapat dilihat. Selama sekitar enam menit, pengunjung Planetarium Jakarta terlihat takjub.

Puncak gerhana tidak terlihat sempurna menyerupai cincin. Puncak gerhana yang terlihat di Jakarta pinggiran bulan masih sedikit menempel di pinggiran bawah matahari.

Warna matahari terlihat merah, ditutup bulan yang terlihat hitam. Sesekali ada kilatan cahaya keluar berwarna kuning seperti jilatan lidah api saat terjadinya puncak gerhana tadi.

Sementara pada saat terjadinya puncak gerhana, suasana di luar gelap.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang
Menanam mangrove.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Dalam upaya menurunkan angka emisi karbon di Indonesia, mangrove memiliki peran penting dalam perubahan iklim dengan kemampuannya yang dapat menyerap gas rumah kaca.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024