Uang Gayus Rp4 Miliar Lenyap Dibakar Muntoha?

Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kementerian Hukum dan HAM memeriksa orang yang diduga menipu Gayus Tambunan, Muntoha, Kamis 15 September 2011. Saat diperiksa, Muntoha menolak tudingan telah menggondol uang Gayus Tambunan hingga mencapai Rp4 miliar.

"Intinya, namanya orang diperiksa pasti akan berkutat dia tidak bersalah. Dia bilang tidak menipu," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DKI Jakarta, Bambang Krisbanu, kepada VIVAnews.com.

Namun, lanjut Bambang, Muntoha mengaku ritual penggandaan itu telah dilakukan. "Ritual itu dilakukan dan sudah terwujud," kata dia.

Sebelumnya, Gayus menyerahkan 60 lembar uang dolar Singapura dengan masing-masing pecahan Sin$10 ribu. Sehingga, totalnya mencapai Sin$600 ribu.

Uang itu diberikan dalam dua tahap, pertama sebanyak 29 lembar dan tahap kedua sebanyak 31 lembar. Janji bisa berlipat menjadi 300 lembar pun terucap dari mulut Muntoha kepada Gayus.

Menurut pengakuan Muntoha, kata Bambang, penggandaan dilakukan dengan media uang palsu Brasil. Syaratnya, uang palsu itu harus dibakar terlebih dahulu untuk menggandakan uang Gayus.

Muntoha mengaku uang itu tak jadi berlipat ganda karena ada satu syarat yang tidak dipenuhi oleh Gayus. "Muntoha mengaku saat itu ada firasat, uang yang 60 lembar itu akan jadi uang palsu Brasil lagi. Karena, Gayus tidak memenuhi syarat menyerahkan 40 lembar uang dolar Singapura lagi dengan masing-masing pecahan Sin$10 ribu," kata Bambang.

Gayus, rupanya tak mau menyerahkan lagi lembaran dolarnya kepada Muntoha. Karena, uang Sin$600 ribu yang telah dia serahkan ke Muntoha belum berlipat ganda juga. "Gayus tidak mau menyerahkan," kata Bambang.

Lansia Salah Satu yang Rentan Terhadap Gelombang Panas, Ini Tips Jaga Lansia Tetap Aman

"Karena tidak dipenuhi syarat itu, maka jadi berubah menjadi uang palsu Brasil lagi. Itu pengakuan Muntoha."

Lantas, bagaimana nasib uang Rp4 miliar milik Gayus yang sudah terlanjur diserahkan kepada Muntoha? Menurut Bambang, Gayus mengaku uang itu telah dibakar oleh Muntoha saat ritual penggandaan dilakukan. "Sebelumnya, Gayus mengaku yang dolar Singapura dibakar Muntoha. Yang uang palsu Brasil diambil," kata Bambang.

Namun, dalam pemeriksaan, pengakuan Gayus itu dibantah mentah-mentah oleh Muntoha. "Menurut Muntoha, dirinya tidak pernah memegang uang dolar Singapura milik Gayus itu. Muntoha mengatakan hanya membakar uang palsu Brasil."

Motor listrik merek AIMA di Asia Bike 2024

Ragam Motor Listrik Harga Murah Meriah Hadir di Kemayoran

Dua pameran yang sedang berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat menghadirkan ragam motor listrik harga murah meriah.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024