Kemendagri: 3 Alasan Dicky Chandra Mundur

Dicky Candra
Sumber :
  • garut.go.id

VIVAnews -- Mantan artis, Dicky Chandra yang menjabat sebagai Wakil Bupati Garut tiba-tiba megeluarkan pernyataan mengejutkan: dia memutuskan mundur dari jabatannya. Meski tak blak-blakan mengungkap alasan mundur, ia mengakui, ada persoalan dengan patnernya, Bupati Garut, Aceng M Fikri.

Soal penguncuran diri itu, juru bicara Kemendagri Donny Moenek mengatakan, Dicky Chandra belum secara resmi mengajukan pengunduran diri. "Suratnya belum masuk tapi Mendagri sudah menyampaikan bahwa Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan melakukan fasilitasi -- supaya yang bersangkutan tak mundur," kata dia, Senin 12 September 2011.

Dia menambahkan, secara Undang-undang, pengunduran diri Dicky memang tak dilarang. Namun jika ia bersikukuh, pernyataan pengunduran diri harus disampaikan ke sidang paripurna DPRD. DPRD nanti yang meneruskan ke Gubernur, lalu ke Mendagri. "Tentu itu akan dikaji alasan dan latar belakang mengapa mundur, meski itu hak yang bersangkutan."

Donny menambahkan, jika alasannya subyektif, karena ketidakmampuan, pihak Kemendagri bisa memahaminya. "Tapi jika non subyektif, tentu ibarat suami-istri, kalau masih bisa dipertemukan, ya dipertemukan lah. Itu fasilitasi yang bisa dilakukan Gubernur Ahmad dan DPRD," tambah dia.

Lalu, apa alasan sebenarnya Dicky Chandra mundur?

"Ada banyak masukan yang kita terima, yang pertama, ketidakcocokan. Yang kedua, terbatasnya peran wakil bupati," kata Donny. Dia menjelaskan, ini adalah permasalahan klasik, sebab, UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah belum mengatur secara jelas kewenangan Wakil Bupati.

Alasan ketiga, tambah dia, adalah menyangkut belanja penunjang operasional kepala daerah. Kata Donny, itu sebenarnya merupakan kesepakatan antara kepala daerah dan wakilnya. Ada yang perbandingannya 65:35, 60:40, 50:50, ada 55:45. Ada juga porsi lebih besar pada wakil. Itu justru kita ingin kaji lebih jauh," kata dia. Soal alasan, Donny mengakui, Kemendagri melihat ketidakcocokan menjadi faktor utama.

Menurut Donny, pernyataan jantan Dicky Chandra untuk mundur harus dihormati. Sebab, dia berani terbuka. "Biasanya, maaf, wakil bupati menunggu 'durian runtuh', menunggu kepala daerah jadi tersangka. Tapi dia (Dicky) berani terbuka." (eh)

Google Sambut Sukses Oxford United Promosi ke Divisi Championship

Bikin Heboh Penggemar Jaemin dan Jeno NCT Dream buka Baju Gegara Kepanasan

Saat itu seketika Sijeuni (sebutan penggemar NCT Dream) langsung berteriak histeris.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024