Status Gunung Tambora Naik Menjadi Siaga

Foto gunung Tambora bidikan NASA
Sumber :
  • nasa.gov

VIVAnews - Status Gunung Tambora yang terletak di Kabupaten Dompu dan Bima, Nusa Tenggara Barat, ditingkatkan dari waspada menjadi siaga. Peningkatan status dilakukan setelah aktivitas gunung setinggi 2.851 meter di atas permukaan laut itu mengalami kenaikan.

"Berdasarkan hasil analisa data visual dan kegempaan, maka terhitung tanggal 8 September 2011, pukul 16.00 Wita, status kegiatan Gunung Tambora dinaikkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III)," tulis Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang dikutip VIVAnews.com, Jumat 9 September 2011.

PVMBG menyatakan peningkatan aktivitas Gunung Tambora teramati dengan meningkatnya aktivitas kegempaan dan visual, terutama gempa vulkanik dalam dan vulkanik dangkal. Gempa vulkanik dalam terus mengalami peningkatan hingga 7 September 2011, tercatat 32 kali Gempa Vulkanik Dalam (VA) hanya dalam 6 jam. Peningkatan aktivitas vulkanik berupa Gempa Vulkanik Dalam dan Vulkanik Dangkal dikhawatirkan akan memicu peningkatan aktivitas vulkanik yang lebih besar.

Sehubungan peningkatan status itu, maka PVMBG akan meningkatkan pemantauan guna evaluasi kegiatan Gunung Tambora. "Status kegiatan Gunung Tambora akan diturunkan, atau dinaikkan kembali jika terjadi penurunan atau peningkatan aktivitas vulkanik," jelasnya.

PVMBG merekomendasikan agar masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun di Gunung Tambora dalam radius 3 kilometer. Masyarakat di sekitar Gunung Tambora diharap tenang, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Tambora.

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR
Muamalat Tower / Bank Muamalat Pusat

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp 14,1 miliar, pada tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024