Maut di Cipularang, DPR Panggil Menteri PU

Saipul Jamil
Sumber :
  • VIVAnews/ Fernando Randy

VIVAnews - Komisi V DPR yang juga membidangi Pekerjaan Umum akan mengundang Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto ke gedung Dewan. Undangan ini terkait maraknya kecelakaan yang kerap terjadi di ruas tol cipularang.

"Besok (hari ini), jam 10 pagi," kata Wakil Ketua Komisi V Muhidin M Said dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, semalam.

Menurut Muhidin, pemanggilan ini tidak hanya berlaku bagi Menteri Pekerjaan Umum, tapi juga pihak-pihak yang terkait dalam kasus ini. DPR akan mengumpulkan keterangan terkait kecelakaan yang terjadi berulang-ulang di ruas Tol Cipularang.

"Saya melihat karena faktor kecerobohan. Para petugas itu mungkin kurang siap. Kami akan lakukan monitoring," kata politisi dari Fraksi Partai Golkar ini.

DPR juga menyoroti masalah human error atau kesalahan manusia si pengguna jalan. Seperti misalnya sopir yang menggeber kendaraannya di atas batas maksimum 100 kilometer perjam.

"Itu salah satu yang akan kami bicarakan besok. Bagaimana dengan kemungkinan mengevaluasi. Seperti pengadaan pos-pos lalu lintas dan lain-lain," ujar dia lagi.

Seperti diketahui, pedangdut Saipul Jamil mengalami kecelakaan hebat di KM 96+500 tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju Jakarta. Akibatnya, istri Saipul Virginia Anggraeni tewas di tempat.

Kemarin, mobil ELF sarat penumpang menabrak pantat truk di KM 93+100. Sebanyak enam penumpang meninggal di tempat dan tujuh lainnya mengalami luka parah. (adi)

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024